Satu-satunya Wakil Sumatera, Nanang Ermanto dan Winarni Terima Anugerah Satyalancana Wira Karya

Satu-satunya Wakil Sumatera, Nanang Ermanto dan Winarni Terima Anugerah Satyalancana Wira Karya

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, beserta Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Winarni Nanang Ermanto menerima anugerah Satyalancana Wira Karya pada acara puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 yang diadakan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang, pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Nanang Ermanto, dan Winarni menjadi satu-satunya perwakilan dari Sumatera yang menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI, Joko Widodo.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 50/TK/TAHUN 2024.

Selain Nanang dan Winarni, penghargaan Satyalancana Wira Karya juga diberikan kepada Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M., Bupati Sumbawa Barat (NTB), Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, Walikota Makassar (Sulawesi Selatan), serta Dr. Mukodi, M.Si., Ketua STKIP PGRI Pacitan (Jawa Timur). 

BACA JUGA:Laga Final Open Turnamen Bola Voli, Tim Pokat Balap Menang Atas Katar Gayeng

Satyalancana Wira Karya merupakan tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada warga negara yang telah memberikan kontribusi besar kepada negara dan bangsa, sehingga dapat menjadi teladan bagi yang lain.

Penghargaan ini diberikan kepada Nanang Ermanto atas peran aktifnya dalam pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana). 

Program Bangga Kencana ini mencakup edukasi dan konseling kesehatan remaja dengan melibatkan tenaga konselor dari kalangan pemuda serta program bantuan perumahan swadaya masyarakat Lampung Selatan (BAPERSAMA LAMSEL), yang menyediakan rumah layak huni bagi keluarga pra sejahtera berisiko stunting, sehingga meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga.

Winarni juga menerima Satyalancana Wira Karya atas perannya dalam bidang Bangga Kencana, terutama dalam menekan angka stunting melalui inovasi Swasembada Pangan dalam bentuk program Pemenuhan Gizi Keluarga Melalui Pekarangan (PEGI KE MERANG).

BACA JUGA:Terbitkan Surat Rekomendasi, PKS Usung Parosil Mabsus di Pilkada Lampung Barat

Selain itu, program bantuan Kandang, Kebun, dan Kolam (K3) juga membantu pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk ketahanan pangan warga dan penurunan stunting di Lampung Selatan.

Penurunan stunting di Kabupaten Lampung Selatan sangat signifikan, dengan prevalensi kasus stunting turun dari 30 persen pada tahun 2020 menjadi 9,9 persen pada tahun 2022, dan di tahun 2024 angka stunting berada di bawah 5 persen. 

Nanang menekankan bahwa penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh jajaran dalam pembangunan keluarga dan penurunan stunting di Bumi Khagom Mufakat. 

"Alhamdulillah, ini hasil kerja dari seluruh jajaran. Semoga ini bisa menjadi pemacu semangat dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Lampung Selatan menjadi zero stunting," kata Nanang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: