Lalui Sejarah Panjang, Polri Bertekad Dukung Pemulihan Ekonomi Rakyat

Lalui Sejarah Panjang, Polri Bertekad Dukung Pemulihan Ekonomi Rakyat

--

BACA JUGA:Sambut Hari Bhayangkara, Polda Lampung Gelar Upacara Ziarah Makam dan Tabur Bunga.

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, polisi tetap bertugas bahkan saat Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Inspektur Kelas I Polisi Mochammad Jassin di Surabaya memproklamasikan Pasukan Polisi Republik Indonesia pada 21 Agustus 1945. 

Langkah ini diikuti oleh pembersihan dan pelucutan senjata terhadap tentara Jepang yang kalah perang.

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) membentuk Badan Kepolisian Negara (BKN) pada 19 Agustus 1945, dan Presiden Soekarno melantik RS Soekanto Tjokrodiatmodjo sebagai Kepala Kepolisian Negara (KKN) pada 29 September 1945.

BACA JUGA:Peringati Hari Bhayangkara ke-78, Polres Lampung Barat Ziarah dan Tabur Bunga di TMP

Pada awalnya, kepolisian berada di bawah Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab atas masalah administrasi, sementara operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung. 

Namun, sejak keluarnya PP Nomor 11 Tahun 1946, kepolisian negara bertanggung jawab langsung kepada presiden, dan sejak saat itu, setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga sekarang.

Setelah melalui sejarah panjang tersebut, kini Polri bertekad untuk mendukung pemulihan ekonomi rakyat.

Menyambut Hari Bhayangkara Ke-78 yang akan dirayakan pada 1 Juli mendatang, Polri telah menyalurkan sebanyak 315.718 paket bantuan sembako. 

BACA JUGA:Meriahkan HUT Bhayangkara ke 78, Polres Lamtim Adakan Acara Fun Bike dengan Masyarakat

Pelepasan simbolis ratusan ribu paket sembako ini dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan. 

Dalam acara tersebut, Kapolri didampingi oleh Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo, yang turut mengibarkan bendera sebagai tanda dimulainya distribusi sembako ke berbagai wilayah. 

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol. Sandi Nugroho, menjelaskan bahwa program pembagian paket sembako ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan memberikan bantuan nyata bagi yang membutuhkan. 

"Kami ingin masyarakat merasakan langsung manfaat dan kehadiran Polri di tengah-tengah mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa (25 Juli 2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: