Rekrutmen CASN 2024, Fresh Graduate Sebagian Akan Ditempatkan di IKN

Rekrutmen CASN 2024, Fresh Graduate Sebagian Akan Ditempatkan di IKN

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menteri PAN-RB Abdullah Azwar menyatakan bahwa pemerintah telah menetapkan kebijakan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) untuk tahun 2024.

"Rekrutmen CASN tahun 2024 akan difokuskan untuk sebagian besar merekrut fresh graduate yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN)," kata Azwar.

Menurutnya, langkah ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi.

Adapun langkah itu untuk memberikan peluang kepada putra-putri terbaik bangsa, termasuk para lulusan baru.

BACA JUGA:Satu dari Dua Bandar Narkoba dari Pekon Ampai Diamankan Polda Lampung

"Dalam konteks ini, pemerintah memberi kesempatan kepada para fresh graduate untuk berkontribusi di Ibu Kota Nusantara sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi," ujar Azwar.

Dia juga mengungkapkan bahwa pemerintah sudah lama tidak melakukan rekrutmen besar-besaran fresh graduate.

"Rekrutmen fresh graduate ini dilakukan karena pemerintah sudah cukup lama tidak melakukannya dalam skala yang besar," tambahnya.

Azwar juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan Kementerian untuk segera merinci skema insentif atau tunjangan khusus bagi ASN yang akan dipindahkan ke Ibukota Negara, yang dikenal sebagai tunjangan pionir.

BACA JUGA:Waspada! BMKG Ingatkan Lampung dan Beberapa Wilayah di Indonesia Masuk Musim Kering

"Kami telah menyiapkan dan mensimulasikan secara komprehensif terkait tunjangan pionir tersebut," katanya.

Namun demikian, mengenai besaran, periode, dan mekanisme tunjangan tersebut masih perlu dibahas lebih lanjut dan menunggu arahan lebih lanjut dari Presiden.

"Detail mengenai besaran, periode, dan mekanisme tunjangan pionir masih dalam proses pembahasan dan menunggu petunjuk dari Presiden. Kami berharap dalam dua pekan ke depan semua sudah dapat diselesaikan," pungkas Azwar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: