Waspada! BMKG Ingatkan Lampung dan Beberapa Wilayah di Indonesia Masuk Musim Kering

Waspada! BMKG Ingatkan Lampung dan Beberapa Wilayah di Indonesia Masuk Musim Kering

Ilustrasi musim kering. Foto Pixabay--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menegaskan bahwa Lampung dan beberapa daerah lain di Indonesia saat ini mengalami kondisi sangat rentan terhadap kebakaran dan musim kemarau.

Daerah-daerah lain yang terpengaruh mencakup Aceh, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Papua, dan Papua bagian selatan.

BMKG menyarankan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran sampah atau membuang puntung rokok sembarangan.

Sementara itu, BMKG juga melaporkan adanya sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Utara Maluku Utara. Fenomena ini membentuk daerah di mana kecepatan angin melambat, yang dikenal sebagai wilayah konvergensi, membentang dari selatan Filipina hingga timur Samudra Pasifik Filipina.

BACA JUGA:Meriahkan HUT Bhayangkara ke 78, Polres Lamtim Adakan Acara Fun Bike dengan Masyarakat

Selain itu, konvergensi angin juga terpantau dari Pesisir Barat Aceh hingga Laut Andaman di Samudra Hindia, serta dari Barat Daya Bengkulu, Sumatera Selatan, hingga Pesisir Barat Sumatera Barat. Di Laut Jawa, pola ini terlihat dari Teluk Tomini hingga Selat Makassar, dan di Laut Sulu.

Keadaan ini berpotensi meningkatkan pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi atau konfluensi tersebut. Secara umum, angin permukaan di Indonesia diperkirakan bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan antara 10 hingga 50 km/jam. Suhu udara diprediksi berkisar antara 21 hingga 35 derajat Celsius, dengan kelembapan mencapai 50 hingga 100%.

Gelombang laut di perairan sekitar Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Masyarakat perlu waspada terhadap potensi banjir rob atau gelombang tinggi di pesisir Sumatra Utara, pesisir Banten, pesisir Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, dan pesisir Ambon.

Berikut adalah prakiraan cuaca untuk beberapa kota besar di Indonesia hari ini:

BACA JUGA:Nyambi Jadi Pelaku Curat, Tukang Sayur Keliling Ini Dibekuk Polisi

- Pulau Sumatra: Padang dan Banda Aceh cerah berawan, Pekanbaru berkabut, Medan dan Tanjung Pinang berpotensi hujan ringan. Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, dan Bengkulu berawan hingga berawan.

- Pulau Jawa: Serang, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta cerah berawan hingga berawan.

- Pulau Bali dan Nusa Tenggara: Kupang dan Denpasar cerah berawan hingga berawan, Mataram berpotensi hujan ringan.

- Pulau Kalimantan: Pontianak cerah berawan, Palangkaraya hujan ringan, Tanjung Selor hujan sedang, Samarinda dan Banjarmasin waspada hujan dengan petir atau kilat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: