Dibangun Retaining Wall, Penanganan Longsor KM 17 Ditarget Selesai September

Dibangun Retaining Wall, Penanganan Longsor KM 17 Ditarget Selesai September

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah II Lampung terus kebut proyek penanganan longsor jalan Liwa-Krui di Kilometer (KM) 17 Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat.

Proyek pembangunan Retaining Wall, atau konstruksi bangunan berupa dinding yang digunakan untuk menstabilkan tanah miring atau mencegah longsor tersebut, kini secara progress telah mencapai 40 persen.

Pihak BPJN menargetkan proyek itu rampung pada September 2024 mendatang.

Kementerian PUPR, PPK 2.3 Satker wilayah II BPJN Lampung Joko Wisargo, melalui Koordinator Teknik Lapangan Rusmadi Gani S.T, M.T menjelaskan, proyek penanganan longsor jalan Liwa-Krui sejauh ini masih terus berjalan dan telah memasuki pekerjaan fisik berupa Retaining Wall.

BACA JUGA:Lama Dicari, DPO Kejari Lamtim Akhirnya Diringkus Polda Lampung

“Untuk progres pekerjaan sudah sekitar 40 persen, alhamdulilah sejauh ini tidak ada kendala dan kita targetkan pekerjaan akan selesai pada bulan september mendatang,” ujar Rusmadi kepada media ini, Selasa 18 Juni 2024.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa saat ini proyek penanganan longsor itu sudah tidak lagi sepenuhnya mengganggu arus lalu lintas kendaraan, sejak sudah dimulainya pekerjaan fisik. 

Hanya saja pada waktu-waktu tertentu jika terdapat kendaraan proyek beroperasi maka pihaknya memberlakukan sistem buka tutup jalan. 

“Lalu lintas tetap normal, hanya di waktu tertentu kita berlakukan sistem buka tutup semisal saat kendaraan besar milik proyek beroperasi seperti saat drop material maka jalur kita tutup sementara, setelah itu semua kembali normal,” tandasnya.

BACA JUGA:Donatur dari Singapura Hadiri Langsung Peresmian Masjid di Pekon Tribudi Makmur

Ditambahkanya selain pada titik jalan Liwa-Krui, proyek penangan longsor juga dilakukan di tiga titik lainnya, di sepanjang Ruas Jalan Padang tambak - Liwa - Sp.Gunung Kemala - Batas Provinsi Bengkulu dengan total alokasi anggaran sebesar Rp27 Miliar.

“Jadi selain fokus penanganan longsor di KM 17 jalan Liwa-Krui ini, ada beberapa titik lain yang menjadi prioritas, mudah-mudahan seluruh pekerjaan berjalan lancar sehingga fungsi jalan nasional kembali normal,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: