Rekanan Mulai Pasok Material Pembangunan Jembatan Pagar Dewa-Sukamulya

Rekanan Mulai Pasok Material Pembangunan Jembatan Pagar Dewa-Sukamulya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jembatan Way Rekuk yang menjadi akses utama penghubung Pekon Pagar Dewa dengan Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat kini mulai dibangun.

Terpantau pada Sabtu 8 Juni 2024, sejumlah komponen baja yang menjadi material jembatan mulai dipasok oleh pihak rekanan menggunakan truk trailer yang melintasi jalan pekon yang sempit menuju lokasi proyek

Ditengah mulainya pembangunan jembatan yang sebelumnya putus akibat dihantam bencana banjir pada tahun 2022 lalu tersebut, mendapat sambutan antusias dari masyarakat, terutama yang berdomisili di Pekon Sukamulya sebagai pengguna utama akses tersebut.

“Setelah penggalian pondasi, kemarin (Minggu) sejumlah material baja sudah masuk. Kalau melihat dari beberapa komponen material yang ada, Alhamdulilah pembangunan jembatan permanen akan jauh lebih baik dari sebelumnya yang putus akibat banjir,”ujar Pajri salah salah seorang warga setempat.

BACA JUGA:Harga Beras Resmi Naik, Bulog Liwa Jamin Pasokan Aman dan Kapanpun Siap Lakukan OP

Dengan demikian, pihaknya mengaku bersyukur karena selama ini masyarakat hanya mengandalkan jembatan gantung yang dibangun oleh BPBD, dan itu hanya bisa dilalui oleh sepeda motor di tengah keterbatasan beban dan jumlah kendaraan.

“Karena jembatan yang ada hanya bisa dilalui sepeda motor maka selama ini kendaraan roda empat hanya terparkir di garasi rumah alias tidak dapat digunakan, sehingga kami menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada pemerintah daerah atas adanya pembangunan jembatan ini, karena tidak lama lagi mobilitas masyarakat kembali normal,”imbuhnya.

Diketahui, sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Lambar Ir. Ansari mengatakan pembangunan jembatan tersebut telah masuk sebagai salah satu prioritas pembangunan infrastruktur bersumber APBD tahun 2024.

“Ya sudah masuk prioritas dengan rencana anggaran sekitar Rp2,3 miliar untuk pembangunan jembatan beton. Diprioritaskannya pembangunan jembatan itu karena merupakan satu-satunya akses utama masyarakat Pekon Sukamulya,” kata Ansari.

BACA JUGA:Kakimal Lampung Hadiri Pembukaan Ujian Kenaikan Tingkat Kyu KKI Lampung Utara Semester 1 Tahun 2024

Sekadar diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu malam hingga dini hari Minggu (12-13 November 2022) silam di sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bencana banjir hingga longsor di Kecamatan Sukau.

Kerusakan parah yang ditimbulkan salah satunya terjadi pada akses jembatan menuju Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, yang putus akibat banjir pada dini sekitar pukul 04:00 WIB. 

Kondisi itu mengakibatkan mobilitas ratusan warga di Pekon Sukamulya terhambat.

Untuk membantu kelancaran transportasi barang dan orang, sebelumnya BPBD Lampung Barat bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI) melakukan pembangunan jembatan gantung yang dimanfaatkan oleh masyarakat hingga saat ini. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: