Maksimalkan Pengamanan WSL Krui Pro 2024, Polda Lampung dan Polres Pesisir Barat Siapkan Pusat Komando

Maksimalkan Pengamanan WSL Krui Pro 2024, Polda Lampung dan Polres Pesisir Barat Siapkan Pusat Komando

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka mendukung pengamanan World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000 tahun 2024 , Polda Lampung bekerja sama dengan Polres Pesisir Barat telah membangun pusat komando komunikasi dan informasi di beberapa titik pengamanan penting di lokasi acara. 

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, menjelaskan bahwa pemasangan pusat komando ini mencakup berbagai teknologi canggih yang mendukung pengawasan dan koordinasi di lapangan. 

"Dengan adanya pusat komando ini, kami dapat memantau seluruh pergerakan personil yang terlibat dalam pengamanan secara real time melalui aplikasi aplikasi SOT (Smart Operation Technology)," ungkapnya.

Dijelaskannya, aplikasi SOT ini memungkinkan call center mengetahui posisi dari seluruh personil dan memungkinkan pejabat berkomunikasi langsung secara audio maupun visual di lapangan. 

BACA JUGA:Langkah Peselancar Pesisir Barat terhenti di Babak Perempat Final

"Pejabat bisa langsung melaporkan informasi di sekitarnya kepada call center melalui video call," kata Umi.

Selain itu, lanjutnya, aplikasi Face Recognition Camera juga diterapkan untuk meningkatkan keamanan di area WSL.

Aplikasi ini mampu mengidentifikasi wajah para pengunjung yang masuk ke area tersebut dan mencocokkannya dengan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di seluruh Indonesia serta data Daftar Pencarian Orang (DPO). 

"Jika kamera mengidentifikasi ada pengunjung yang mirip dengan data-data yang kami masukkan, maka akan langsung ada pemberitahuan," jelasnya.

BACA JUGA:Gelombang Laut Tinggi, Pencarian Korban Tenggelam Dihentikan Sementara

Ditambahkannya, teknologi ini diharapkan dapat mendeteksi dan mencegah tindak pidana sejak dini.

Dengan identifikasi wajah yang akurat, pengamanan di sekitar area WSL dapat ditingkatkan, mencegah kejahatan, dan memberikan rasa aman kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. 

Pemasangan pusat komando dan aplikasi-aplikasi ini juga merupakan bagian dari upaya Polda Lampung untuk memberikan pengamanan maksimal pada event internasional yang digelar. 

"Kami berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran acara WSL Krui Pro 2024 ini, sehingga semua peserta dan pengunjung dapat menikmati kompetisi tanpa ada kekhawatiran," tegasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: