Pemkab Pesisir Barat Beri Pelayanan Kesehatan Hingga Bantuan Sosial Untuk Rizki Saputra

Pemkab Pesisir Barat Beri Pelayanan Kesehatan Hingga Bantuan Sosial Untuk Rizki Saputra

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Kesehatan (Diskes) setempat, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Krui Selatan, DWP Puskesmas Krui Selatan, IBI Ranting Krui Selatan, dan Pemerintah Pekon Sukajadi Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Senin 22 April 2024, memberikan pelayanan kesehatan serta bantuan sosial kepada keluarga Rizki Saputra bayi usia 1,5 bulan yang mengalami hisprung post op colostomy.

Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan dari Diskes Pesbar, Arfi Yulizar, S.K.M., yang juga selaku Kabid Kesehatan Masyarakat, beserta rombongan. Kepala UPTD Puskesmas Krui Selatan NS.Eka Sapta Saputra, S.Kep., Peratin Sukajadi Bazargan, S.Pd.I., perwakilan DWP Puskesmas Krui Selatan, dan perwakilan IBI Ranting Krui Selatan.

Dalam kesempatan itu, kepala UPTD Puskesmas Krui Selatan, NS.Eka Sapta Saputra, mengatakan, kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari sebelumnya. 

Artinya, hal itu sebagai salah satu bentuk perhatian Pemkab Pesbar terhadap warganya yang sedang membutuhkan. 

BACA JUGA:DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT ke-11 Kabupaten Pesisir Barat

Sehingga, dengan adanya bantuan sosial itu diharapkan dapat meringankan kebutuhan keluarga dari Rizki Saputra terutama dalam hal pengobatan.

“Bantuan yang diberikan itu berupa uang tunai sebesar Rp6.700.000,- serta kebutuhan bahan pokok (sembako) dan keperluan bayi,” katanya.

Dijelaskannya, selain memberikan bantuan sosial, juga sekaligus memberikan pelayanan kesehatan terhadap bayi dari pasangan Epi Soni Iraya dan Handayani, yang mengalami hisprung post op colostomy.

Kini, kondisi bayi itu sudah mulai membaik, bahkan sudah bisa minum ASI dengan baik dan aktif. 

BACA JUGA:Sopir Ngantuk, Truk Tronton Bermuatan Batubara Terbalik di Lampung Utara

Puskesmas setempat juga telah memberikan edukasi terhadap orangtua bayi itu dalam hal perawatan di rumah dan pengecekan secara berkala.

“Puskesmas Krui Selatan juga tetap akan mengontrol dan memfasilitasi untuk pasien kontrol ke Rumah Sakit sampai dengan kondisi bayi tersebut dalam keadaan baik atau sampai sembuh,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Rizki Saputra, bayi berjenis kelamin laki-laki berusia sekitar 1,5 bulan, buah hati dari pasangan Epi Soni Iraya dan Handayani, warga Pekon Sukajadi Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), didiagnosa mengalami hisprung post op colostomy. 

Pasalnya, sejak kelahiran bayi itu tidak bisa Buang Air Besar (BAB), bahkan sebelumnya sempat menjalani operasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Muluk, Bandar Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: