Digelar di Lima Lokasi, Pesta Topeng Sekura Diserbu Ribuan Pengunjung

Digelar di Lima Lokasi, Pesta Topeng Sekura Diserbu Ribuan Pengunjung

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pesta topeng sekura yang menjadi agenda tahunan yang digelar masyarakat untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri disambut antusias oleh berbagai lapisan masyarakat seperti pada 2 Syawal, Kamis 11 April 2024.

Pada H+1 lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah, pesta topeng sekura yang kini telah menjadi bagian dari event program Karisma Event Nusantara (KEN) tersebut digelar di lima lokasi yakni di Pekon Kenali, Kecamatan Belalau, Pekon Sukabumi Kecamatan Batu Brak,  Kelurahan Way Mengaku dan Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit serta Pekon Muara Jaya II, Kecamatan Kebun Tebu.

Tampak, ratusan bahkan hingga ribuan topeng sekura yang terdiri dari berbagai komunitas serta perwakilan pekon-pekon lainnya sengaja datang bersama-sama memeriahkan pesta yang menjadi tradisi di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini.

Seperti di Pekon Kenali, Kecamatan Belalau tak kurang dari ribuan pengunjung memadati pekon setempat dengan menjadikan momentum itu sebagai sarana silaturahmi sekaligus wujud kegembiraan dalam merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa.

BACA JUGA:H+1 Lebaran, Pengunjung Mulai Padati Wisata Pantai Labuhan Jukung

Ketua Panitia Pelaksana Ferdiansyah Roza, S.E, M.M., mengungkapkan bahwa Pesta sekura yang menjadi bagian dari tradisi warisan leluhur ini memang setiap tahunnya memang disambut antusias masyarakat, sebagai wujud kecintaan serta untuk menjaga agar tradisi pesta topeng sekura tetap terlestarikan.

Selain menjadi hiburan, makna perhelatan pesta topeng sekura juga sebagai expresi wujud kegembiraan di hari kemenangan sekaligus menjadi momentum untuk menjalin silaturahmi antar masyarakat. 

"Utamanya untuk silaturahmi, karena dalam momentum ini banyak sanak-saudara yang hadir dan berkumpul untuk sekadar menonton atau ikut menjadi peserta topeng sekura," ucapnya.

Ferdi menambahkan, perayaan pesta topeng sekura tahun ini berjalan sukses dan semarak berkat partisipasi dan kehadiran dari seluruh lapisan masyarakat baik dari Kecamatan Belalau maupun dari beberapa kecamatan lainnya. 

BACA JUGA:Hari Kedua Lebaran Masyarakat Pesisir Barat Gelar Ngejalang Kubur

"Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran masyarakat, minak-muakhi dan  seluruh jajaran panitia pelaksana topeng sekura Pekon Kenali yang sejak jauh-jauh hari melakukan berbagai persiapan untuk mendukung suksesi tradisi tahunan ini," imbuh dia.

Hal senada disampaikan, Peratin Kenali Adi Praja S.Pd., yang turut mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan partisipasi masyarakat dalam memeriahkan pesta topeng sekura tersebut, sekaligus memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran panitia pelaksana, karang taruna Pekon Kenali yang telah melakukan berbagai persiapan maksimal demi suksesnya agenda tahunan tersebut.

"Pesta topeng sekura sudah tradisi yang harus terus terjaga dan lestari. Terimakasih, tetap jaga kekompakan dan kebersamaan. Semoga di tahun mendatang acara kita akan lebih sukses dan meriah lagi,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: