Bahas Persiapan Manasik Haji, PHU Kankemenag Lambar Gelar Rakor

Bahas Persiapan Manasik Haji, PHU Kankemenag Lambar Gelar Rakor

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Kankemenag Kabupaten Lampung Barat Drs. Hi. Muhammad Yusuf, M.MPd didampingi Kepala Seksi penyelenggara haji dan umroh Firdaus Sablie M.Pd., melaksanakan rapat evaluasi pelunasan jamaah haji dan Persiapan Manasik Haji tahun 2024 yang diikuti oleh seluruh Kepala KUA se-Lambar, bertempat di aula kantor kemenag setempat, Rabu 27 Maret 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Kankemenag Lambar Muhammad Yusuf menyampaikan ucapan terima kasih kepada seksi PHU, dan Jajaran KUA Kecamatan, yang telah gencar menginformasikan waktu pelunasan kepada para Jamaah calon haji yang berhak melunasi.

“Tentu itu bukan persoalan ringan, terkadang harus datang langsung ke rumah-rumah yang bersangkutan, belum lagi misal setelah didatangi yang ditemui sedang tidak dirumah, di kebun dan sebagainya. Untuk selanjutnya, tugas kita bersama yang harus menjadi perhatian, mulai dari persiapan termasuk manasik, sukses pemberangkatan dan pemulangan haji,”ujarnya. 

Di tempat yang sama, Kasi PHU Firdaus Sablie dalam arahannya menyampaikan bahwa proses pelunasan tahap I mulai dari 10 Januari - 12 Februari yang diperpanjang sampai 23 Februari, jamaah haji Lampung Barat yang melunasi berjumlah 228 jamaah, 36 JCH diantaranya adalah jamaah haji Cadangan. 

BACA JUGA:Tahap II Ditutup, 228 CJH Sudah Lunasi Biaya Haji

Sementara pada pelunasan tahap II dari 10 CJH yang berhak lunas hanya 6 yang melunasi. 

“Selanjutnya dalam rapat ini juga telah disepakati bahwa rencana pembentukan Kelompok manasik dibagi 3 zona, kelompok 1, terdiri dari Jemaah kecamatan Balik bukit,  Sukau, Batu Brak, Belalau, Suoh dan Bandar Negeri Suoh. Sementara, Batu Ketulis dan Lumbok Seminung tidak ada jemaah haji yang melunasi,”papar dia.

Kemudian, untuk kelompok 2 terdiri dari jemaah kecamatan Way tenong, Air Hitam, Sekincau dan Pagar Dewa, dan kelompok 3 jemaah haji Sumber Jaya, Kebun Tebu dan Gedung Surian. 

“Adanya pembagian ini dimaksudkan agar jemaah tidak terlalu jauh untuk hadir saat Manasik, sementara dalam juknis manasik, satu kelompok berjumlah minimal 40 Jemaah,”kata dia.

BACA JUGA:Ancam Korban dengan Pisau, Pelaku Curas di Pesisir Barat Berhasil Diringkus

Lebih lanjut Kasi PHU menyampaikan bahwa sengaja rapat persiapan manasik ini digelar sejak jauh-jauh hari mengingat beberapa waktu kedepan kegiatan memasuki waktu libur lebaran Idul Fitri dan direncanakan pelaksanaan manasik akan digelar pada awal Minggu ketiga pada April 2024 mendatang.

“Kemudian dalam kesempatan ini, terhitung mulai tanggal 1 April 2024 saya akan masuk masa purna bhakti, pada kesempatan ini juga saya mohon maaf apabila selama ini dalam melayani calon jamaah haji terdapat hal yang kurang berkenan. Terima kasih atas kerjasama yang selama ini telah terjalin,”imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: