Puskesmas Gedung Surian Lakukan P2M Pencegahan DBD di Cipta Waras

Puskesmas Gedung Surian Lakukan P2M Pencegahan DBD di Cipta Waras

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintahan Pekon Cipta Waras, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat bersama Tenaga Kesehatan (Nakes) UPT Puskesmas melaksanakan  Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Menular (P2M) Jumat 8 Maret 2024.

Dalam P2M tersebut tim puskesmas yang turun para nakes kesling, nakes pustu beserta Kader Kesehatan Pemangku Waras Jaya dengan kegiatan koordinasi pemberantasan sarang nyamuk.

Kepala Puskesma Ners Asminuddin S.Keb., menyampaikan pentingnya dilaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tersebut guna mencegah adanya penyakit DBD / malaria terutama menjelang musim penghujan saat ini cukup sering. 

"Perlunya memberikan contoh serta menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya, sehingga terhindar dari terjangkitnya berbagai macam penyakit, baik menular maupun tidak menular," terangnya. 

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, TPID Lampung Barat Monitoring Harga dan Stok Kebutuhan Pokok dan Barang Penting

BACA JUGA:Tim Temukan Banyak Jejak Baru, Tapi Fokuskan Kejar Harimau Pemangsa Manusia

PSN adalah sebuah gerakan dengan melakukan 3M Plus terdiri dari. Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum,kendi, toren air, dan lain sebagainya. 

Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah. 

Sedangkan untuk Plus-nya, kegiatan pencegahan DBD / Malaria lainya bisa dilakukan seperti menaburkan bubuk larvasida lebih dikenal dengan bubuk abate pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, masyarakat lebih baiknya Menggunakan kelambu saat tidur.

Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

BACA JUGA:Disbunnak Lampung Barat Lakukan Pengawasan PAH di Tiga Pasar

BACA JUGA:Jelang Ramadhan-Lebaran, Stok BBM di Lampung Barat Dipastikan Aman

Harapan pihaknya agar masyarakat  dapat betul-betul menjaga kebersihan lingkungan dengan bergotong-royong pada saat musim curah hujan yang tinggi saat ini, agar tidak menjadi wabah, dimana pada pemangku waras jaya tersebut, terdapat adanya warga yang suspek malaria dan ini tidak menjadi sumber penularan di kemudian harinya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: