Kapolres Lampung Barat Pastikan Tahapan Pemilu di TPS Rawan Berjalan Lancar

Kapolres Lampung Barat Pastikan Tahapan Pemilu di TPS Rawan Berjalan Lancar

Kapolres Lampung Barat AKBP Ryky Widya Muharam, SIK.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berdasarkan hasil pemetaan Kepolisian Resort (Polres) Lampung Barat, dari 982 Tempat Pemungutan Suara (TPS)  di Kabupaten Lampung Barat, terdapat 42 TPS dengan kategori rawan dan kategori sangat rawan sebanyak tiga TPS.

Kapolres Lampung Barat AKBP Ryky Widya Muharam, SIK., mengungkapkan, hingga proses pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) berlangsung, Pemilu di seluruh TPS di bumi beguai jejama sai betik tersebut berlangsung aman dan lancar.

"Alhamdulillah, dengan kerjasama dari seluruh stakeholder yang ada di Lampung Barat, pendistribusian dan pelaksanaan Tungsura berjalan dengan aman dan lancar,"  ungkap Ryky, ditemui di sela-sela monitoring di sejumlah TPS di Kecamatan Balik Bukit, Rabu 14 Februari 2024.

Dikatakannya, berdasarkan skema yang disiapkan, untuk kategori TPS Kurang Rawan sebanyak 937 TPS dengan Pola pengamanan dua polisi dan 16-28  Linmas akan mengamankan 8-14 TPS. 

BACA JUGA:Semangati Para Pemilih, Petugas TPS 10 Pampangan Kenakan Seragam SMA

BACA JUGA:Pantau Proses Pemungutan Suara, Nukman Berpesan Agar Petugas Tetap Menjaga Stamina

Untuk kategori TPS Rawan sebanyak 42 TPS dengan Pola pengamanan dua polisi dan  empat Linmas akan mengamankan dua TPS.

"Sedangkan untuk TPS kategori sangat rawan sebanyak tiga TPS dengan pola pengamanan dua polisi dan dua Linmas akan mengamankan satu TPS," ujarnya.

Terusnya, pada pengamanan TPS pemilu tahun 2024 ini Polres Lampung Barat menerjunkan sebanyak 208 personel yang akan mengamankan 982 TPS di seluruh Lampung Barat. 

Polres Lampung Barat Juga menerapkan sistem pengamanan dengan menetapkan kategori kerawanan pada tiap-tiap TPS diantaranya kategori Tps Kurang Rawan, Rawan dan Sangat Rawan.

BACA JUGA:WBP Rutan Krui Antusias Salurkan Hak Pilihnya di TPS Khusus 901

BACA JUGA:PM dan Keluarga Salurkan Hak Suara Pemilu di TPS 8 Purawiwitan

"Adapun tiga TPS dengan kategori sangat Rawan yaitu satu TPS di Way Tenong, satu TPS di Sumber Jaya dan satu TPS di Bandar Negeri Suoh. TPS sangat Rawan tersebut ditentukan berdasarkan letak TPS yang secara Geografis sangat sulit ditempuh dan keberadaannya terpisah jauh dengan tps lainnya, selain itu TPS sangat rawan ditentukan karena memiliki sejarah konflik atau aksi protes warga terhadap  KPPS serta TPS tersebut berada di daerah sengketa batas wilayah," bebernya.

Sebelumnya Kabag Ops Polres Lampung Barat Kompol Ery Hafri, S.H., selaku pengendali Operasi mengatakan bahwa seluruh personel yang akan melaksanakan pengaman Tps tersebut telah dibekali beberapa kebutuhan individu personel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: