Dishub Pesisir Barat Siapkan Penyeberangan Gratis ke Pulau Pisang

Dishub Pesisir Barat Siapkan Penyeberangan Gratis ke Pulau Pisang

KM Banawa Nusantara akan digunakan untuk penyeberangan gratis menuju Pulau Pisang--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub), rencananya kembali melayani penyeberangan gratis untuk masyarakat dari Pelabuhan Kuala Stabas Kecamatan Pesisir Tengah menuju Kecamatan Pulau Pisang, dan sebaliknya, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pesbar tahun 2024.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan, Ronal Erwanda, S.E., mendampingi Plt. Kadishub Pesbar, Ariswandi, S.Sos, M.P., mengatakan, rencana penyeberangan menuju Pulau Pisang dari Pelabuhan Kuala Stabas itu akan menggunakan kapal Banawa Nusantara yakni kapal milik Pemkab setempat hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 2019 lalu, yang merupakan program Pelayaran Rakyat (Pelra).

“Kapal itu berkapasitas 24 orang penumpang, ditambah lima orang Anak Buah Kapal (ABK) dan satu termasuk Kapten kapal,” kata Ronal, Rabu, 17 Januari 2024.

Dijelaskannya, rencananya untuk pengoperasian penyeberangan dengan menggunakan kapal milik Pemkab Pesbar itu jika tidak ada perubahan akan dilakukan pada Februari 2024 mendatang, karena kini juga masih menunggu pelaksanaan APBD tahun 2024. 

BACA JUGA:Warga Bawa Jenazah Seberangi Sungai ke TPU di TNBBS, DPUPR Pesisir Barat Segera Turun ke Pemerihan

BACA JUGA:APBD Lampung Barat Tahun 2023 Terserap Rp984,318 Miliar

Mudah-mudahan tidak ada kendala, sehingga pengoperasian kapal Banawa Nusantara untuk program Pelra di Pesbar ini berjalan dengan lancar. 

Kapal tersebut rencananya juga akan beroperasi satu kali dalam sepekan.

“Sedangkan untuk jadwal maupun sistem pendaftaran bagi calon penumpang kapal baik yang hendak menuju Pulau Pisang dan Pelabuhan Kuala Stabas itu secara teknis akan dibahas kembali,” jelasnya.

Masih kata dia, pengoperasian kapal penyeberangan itu nanti bukan hanya untuk penumpang saja, namun juga bisa untuk mengangkut barang yang sesuai dengan ketentuan. 

BACA JUGA:Peletakan Batu Pertama Pasar Tematik Bakal Dihadiri Mendag RI, Bupati dan Rombongan Cek Kesiapan Lokasi

BACA JUGA:Puluhan SPBU dan Pertashop Beroperasi di Lampung Barat

Karena untuk mengangkut barang juga harus menyesuaikan kapasitas kapal itu sendiri. 

Pihaknya berharap agar kedepan masyarakat benar-benar dapat memanfaatkan transportasi penyebrangan menuju Pulau Pisang itu dengan maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: