Jumlah Pemilih Masuk dan Keluar Lampung Barat Capai 2.436

Jumlah Pemilih Masuk dan Keluar Lampung Barat Capai 2.436

Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi KPU Lampung Barat Okto Priadi--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hingga batas waktu yang ditentukan untuk masyarakat yang mengurus pindah memilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang, yakni hingga pukul 23.59 WIB pada Senin 15 Januari 2024 diketahui ada 2.436 orang yang mengurus pindah memilih.

Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi KPU Lampung Barat Okto Priadi mengatakan, hingga batas waktu yang ditentukan untuk mengurus pindah memilih tahap satu, terdapat 2.436 orang yang mengajukan pindah memilih baik masuk maupun keluar.

Dijelaskan, dari jumlah 2.436 orang yang mengajukan pindah memilih tersebut rinciannya yakni 1.106 orang mengajukan pindah memilih keluar, dan 1.266 yang mengajukan pindah memilih masuk.

"Jumlah tersebut berdasarkan hasil verifikasi yang kami lakukan terhadap permohonan yang masuk, sedangkan terdapat 64 data sedang proses penelitian kelengkapan berkas, sehingga ini merupakan data sementara," kata Okto.

BACA JUGA:Awal Tahun 2024, Dua Guru di Lampung Barat Ajukan Permohonan Izin Cerai

BACA JUGA:Mobil Warga Kebun Tebu Lakalantas di Lampung Tengah

Lebih lanjut Okto menjelaskan, masyarakat yang mengajukan pindah memilih dengan alasan bertugas di tempat lain, menjalani rawat inap atau mendampingi pasien rawat inap, tertimpa bencana.

Kemudian, menjadi tahanan rutan atau Lapas atau menjadi terpidana, Penyandang Disabilitas yang dirawat di Panti Sosial atau Panti Rehabilitas menjalani rehabilitas Narkoba (DN Only), bekerja di luar negeri, menjalani tugas belajar atau menempuh pendidikan menengah atau tinggi dan pindah domisili.

Untuk pemilih masuk, rata-rata mereka yang berasal dari luar daerah yang tinggal di Lampung Barat karena tugas atau adanya alasan lain.

Begitu juga dengan pemilih yang keluar, itu kebanyakan mereka telah bekerja di luar daerah.

BACA JUGA:Camat Sumber Jaya Pimpin Musrenbang Pekon Sukajaya

BACA JUGA:Ketua PMI Lampung Barat Edi Novial Imbau Pelajar Menjadi Generasi Muda Berjiwa Sosial

Okto melanjutkan, syarat bagi mereka yang hendak pindah memilih untuk mengurus langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau KPU Kabupaten/Kota mengingat ada dokumen yang harus diverifikasi sebagai syarat pindah memilih sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Syarat kondisi tertentu untuk dapat pindah memilih menjalankan tugas di tempat lain pada saat hari pemungutan suara, menjalani rawat inap di fasilitas pelayanan kesehatan dan keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti sosial atau panti rehabilitasi, menjalani rehabilitasi narkoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: