Menpan-RB Sebut Rekrutmen CPNS dan PPPK akan Dibuka Mei 2024

Menpan-RB Sebut Rekrutmen CPNS dan PPPK akan Dibuka Mei 2024

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Diketahui sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwasanya tahun 2024 kembali dibuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menyikapi hal tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwasanya lowongan Calon Aperatur Sipil Negara (CASN) 2024 akan dibuka bulan Mei.

Ia menjelaskan untuk pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 melalui seleksi calon pegawai negeri sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian, lembaga, dan pemda dapat memasukkan data dalam platform digital yang disiapkan BKN," kata Anas.

BACA JUGA:Berikut Estimasi Nominal Kenaikan Gaji Pensiunan PNS, Bulan Ini Mulai Dibayarkan

Anas mengatakan saat ini Kemen PANRB dan Badan Kepegawaian negara (BKN) sedang membahas lowongan CPNS dan PPPK bersama beberapa instansi.

"Minggu ini Tim Kementerian PANRB dan BKN intens melakukan pertemuan terutama dengan seluruh kementerian, lembaga, dan pemda termasuk dengan para pengelola kepegawaian,"jelasnya.

Ia mengatakan target konsolidasi usulan instansi pemerintah diselesaikan pada Januari 2024.

"Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei, dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024," jelasnya.

BACA JUGA:Menkeu Sri Mulyani Tidak akan Cairkan Uang Makan PNS dengan Ketentuan Berikut

Anas juga menegaskan pengadaan ASN dilaksanakan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta tidak dipungut biaya apapun.

Lanjutnya, rekrutmen ASN dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) secara nasional dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga menjadi lebih transparan dan akuntabel.

Kemudian nilai seleksi juga secara real time bisa langsung diakses publik, termasuk live score-nya yang juga disiarkan melalui YouTube.

"Pengadaan CASN diperuntukkan bagi setiap WNI dan semuanya mempunyai kesempatan yang sama, Kita pastikan pelaksanaan seleksi dilakukan secara transparan dan akuntabel," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: