Buka Konferwil INI Lampung, Arinal Tekankan Kerja Sama Notaris dan BPN Guna Hindari Konflik Pertahan

Buka Konferwil INI Lampung, Arinal Tekankan Kerja Sama Notaris dan BPN Guna Hindari Konflik Pertahan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak Pengurus Wilayah (Pengwil) Lampung Ikatan Notaris Indonesia (INI) terus berkontribusi dalam membangun Provinsi Lampung, baik pada bidang hukum dan ikut serta dalam pengembangan ekonomi lokal di pedesaan.

Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka Konferensi Wilayah (Konferwil) Lampung INI di Grand Mercure Lampung, Kamis 11 Januari 2023.

Arinal mengatakan sebagai rumah bersama, INI bukan hanya sekadar organisasi profesi, tetapi menjadi tempat berkumpulnya para pencerah dan pengayom bagi masyarakat terutama yang menyangkut kepastian hukum atas kepemilikan tanah.

Lanjutnya, para notaris memiliki tanggung jawab besar dalam menyusun akta-akta yang menjadi dasar pembuatan sertifikat tanah.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Lantik 157 Pejabat Eselon II III dan IV, M. Taufiqullah Jadi Kadis BMBK

"Keahlian notaris dalam memastikan kelengkapan dokumen dan keabsahan transaksi properti sangat krusial untuk menjamin keamanan hukum bagi para pemilik tanah," kata Arinal.

Ia menjelaskan notaris bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) memiliki tanggung jawab yang sejalan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dalam kepemilikan tanah di masyarakat.

Ia meminta agar bersama didalam membangun fondasi hukum yang kuat dan terpercaya dalam kepemilikan tanah di wilayah Lampung. 

"Saya ingin menekankan bahwa kerjasama yang erat antara Notaris dan BPN sangatlah penting untuk menghindari potensi konflik pertanahan," harapnya.

BACA JUGA:Anev Kamtibmas Polda Lampung 2024, Polresta Bandar Lampung Temukan 90 Kasus

Disisi lain, Arinal menyebut Pemerintah Provinsi Lampung memiliki berbagai program dan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Menurutnya, profesi notaris menjadi salah satu yang memiliki peran strategis dalam transaksi properti dan kegiatan ekonomi lainnya.

"Saya mengajak para notaris untuk turun langsung ke desa-desa di wilayah kita. Mengapa demikian? Karena kehadiran para notaris di tingkat desa dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap pengembangan ekonomi lokal," jelasnya.

Ia meyakini bahwa partisipasi aktif para notaris di tingkat desa akan memberikan kontribusi positif yang besar terhadap pembangunan ekonomi pedesaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: