Akhir Tahun 2023, Stok CPPD di Lampung Barat Capai Puluhan Ton

Akhir Tahun 2023, Stok CPPD di Lampung Barat Capai Puluhan Ton

Kabid Ketersediaan, Cadangan dan Kerawanan Pangan DKP Lampung Barat Rusman, S.Sos, M.M--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lampung Barat mencatat hingga akhir Desember 2023 untuk stok cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) masih tersedia sebanyak 46.481 kilogram atau 46 ton lebih.

“Stok cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) hingga akhir tahun sebanyak 46 ton lebih, jadi masih aman dan cukup,” tegas Kabid Ketersediaan, Cadangan dan Kerawanan Pangan Rusman, S.Sos, M.M mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maidar, S.H, M.Si, Jumat 29 Desember 2023.

Menurut Rusman, Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menyiapkan stok cadangan pangan pemerintah daerah, hal itu dalam rangka antisipasi bencana. 

“Stok cadangan pangan pemerintah daerah berupa beras sebanyak 46,481 kilogram atau 46 ton lebih itu kita titipkan di Gudang Bulog Liwa, karena sampai saat ini pemerintah daerah belum ada gudang penyimpanan beras yang memenuhi standar. Jadi kalau kita butuh maka kita tinggal berkoordinasi dengan pihak Bulog untuk didistribusikan,” katanya.

BACA JUGA:Camat Tati Pimpin Rakor Bulanan dan Senam Bersama di Puramekar

Lebih jauh Rusman mengatakan, CPPD sebanyak 9.107 kilogram yang telah disalurkan tersebut antara lain untuk musibah angin puting beliung di Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebun Tebu, bencana banjir dan tanah longsor di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau, musibah angin puting beliung di Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebun Tebu, musibah kebakaran di Pekon Kejadian Kecamatan Belalau, musibah tanah longsor di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa.

Selanjutnya, musibah bencana angin puting beliung disertai hujan deras di Pekon Muara Jaya Dua dan Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu, serta sawah kekeringan dampak El Nino di Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandar Negeri Suoh dan konflik gajah liar di Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh. 

Lanjut dia, kemudian untuk musibah kebakaran di Pekon Way Empulau Ulu serta musibah kebakaran di Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit dan Pekon Kenali Kecamatan Belalau serta musibah kebakaran di Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit.

“Cadangan beras tersebut diperuntukkan sebagai cadangan untuk mengantisipasi ada permintaan korban bencana alam maupun non alam,” tegas dia.

BACA JUGA:Pakcik Bersama Warga Muara Jaya II Gotong Royong Bersih Lingkungan

Seraya menambahkan, sepanjang ada permintaan atau usulan baik dari perangkat daerah, kecamatan maupun pekon di Lampung Barat yang disampaikan kepada Dinas Ketahanan Pangan maka pihaknya siap untuk mendistribusikannya.

“Dengan adanya program bantuan cadangan beras pemerintah ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terkena bencana,” tandasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: