Gubernur Arinal Lakukan Wawancara Penilaian Penghargaan Nirwasita Tantra 2023

Gubernur Arinal Lakukan Wawancara Penilaian Penghargaan Nirwasita Tantra 2023

--

1. Pada Permasalahan Ekosistem Pesisir, telah dilakukan upaya Pembentukan Forum Bank Sampah (motor penggerak kegiatan pilah sampah dan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) di tingkat tapak Provinsi Lampung, Mendorong pendirian 1 kelurahan 1 bank sampah, Penerapan Program Eco Office dan Pecanangan Penggunaan Tumbler, Gerakan Bersih Pantai bersama pelaku usaha, Penanaman Mangrove, serta Mendorong Kab/kota untuk capaian pengurangan & penanganan sampah plastik.

2. Pada Permasalahan Sumber Daya Air telah dilakukan upaya Pembinaan dan pengawasan pelaku usaha/kegiatan, Pemantauan kualitas air (3 kali/tahun), Penataan terhadap izin lingkungan melalui dokumen Amdal dan UKL/UPL, Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Siap Berangkatkan Tunanetra hingga Pedagang Asongan untuk Umroh

sebagai upaya menjamin keberlanjutan lingkungan hidup, Rehabilitasi hutan dan Lahan kritis serta Perbaikan kualitas lingkungan melalui Program Kampung Iklim (ProKlim).

3. Pada Tata Kelola dalam Aksi & Mitigasi Perubahan Iklim telah dilakukan upaya Pembentukan dan Pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati di Kotabaru, Arahan penataan ruang terhadap Kebijakan, Rencana, dan Program (KRP) dalam RTRW Provinsi Lampung, Rehabilitasi hutan dan Lahan kritis, Kegiatan penghijauan, Penanaman mangrove, Pelepasan satwa liar hasil penangkapan, Pembangunan Pusat Inkubator Tanaman Nusantara di TAHURA WAR serta Perluasan Program Kampung Iklim (Proklim).

Dalam menekan isu pokok lingkungan hidup, Gubernur menyampaikan bahwa Provinsi Lampung telah melakukan inovasi daerah diantaranya:

1) Peraturan/Kebijakan Terkait Lingkungan Hidup

2) Pembentukan dan Pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati

3) Penetapan Buku Petunjuk Teknik Penyusunan dan Validasi KLHS di Provinsi Lampung

4) Desa Smart Village

5) Pencanangan Penggunaan Tumbler dan Eco Office

6) Pembentukan Forum Bank Sampah Se-Provinsi Lampung

7) Kajian Kelembagaan TPA Regional

8) Kegiatan Penanaman Pohon Serentak se-Provinsi Lampung

9) Gerakan Bersih Pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: