Nakes UPT Puskesmas Buay Nyerupa Optimalkan Pelayanan Kesehatan di Pospam Sukau

Nakes UPT Puskesmas Buay Nyerupa Optimalkan Pelayanan Kesehatan di Pospam Sukau

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - UPT Puskesmas Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat mengerahkan sejumlah petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik atau hendak berlibur di pospam perbatasan Kabupaten Lampung Barat dengan Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.  

Kepala UPT Puskesmas Buay Nyerupa Metty Sylvani melalui Petugas Kesehatan Ahmad Syukron mengatakan, sejumlah tenaga kesehatan yang didukung dengan kelengkapan sejumlah fasilitas kesehatan dan obat-obatan disiapkan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang mudik ke kampung halaman atau sekadar berlibur.

“Sejak Operasi Lilin Krakatau 2023 dibuka, khususnya kami nakes di Puskesmas Sukau sudah bergabung dengan petugas posko untuk memberikan pelayanan kesehatan. Pelayanan di pos kesehatan ini, ditujukan tidak hanya untuk warga Lampung Barat saja tetapi juga pada warga luar kabupaten sehingga pemudik atau pelintas yang merasa ada gangguan kesehatan dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan kami,” kata Syukron.

Selain pelayanan kesehatan di Pospam Sukau, lanjut Syukron, pelayanan lain yang diberikan ialah unit gawat darurat 24 jam selama Nataru untuk penanganan pasien emergency seperti kecelakaan, atau sakit dalam perjalanan mudik atau liburan. 

BACA JUGA:Kadisnaker Lampung Disebut Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Hibah KONI, Ini Kata Sekdaprov Lampung

“Tentu kesiapan posko saja tidak cukup untuk memberikan pertolongan sehingga puskesmas ini tetap kita optimalkan. Jika sewaktu-waktu masyarakat hendak berobat tetap bisa kita layani di puskesmas selama 24 jam,” jelasnya.

Ia menambahkan arus lalu lintas di pada ruas jalan Liwa-OKU Selatan menjadi salah satu akses yang dilalui kendaraan karena selain penghubung antar provinsi, jalur itu juga merupakan jalur tujuan wisatawan sehingga kendaraan di dominasi oleh sepeda motor.

“Sejauh ini suasana lalulintas di Pospam Sukau ramai lancar, dan biasanya aktivitas kendaraan ini akan meningkat pada puncak malam pergantian tahun baru 2024 nanti. Kita berharap pengendara tetap menjaga kesehatan dan keselamatan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Puskesmas Buay Nyerupa merupakan satu unit layanan kesehatan yang ada di salah satu titik jalan provinsi perbatasan Kabupaten Lambar dengan Kabupaten OKU Selatan. 

BACA JUGA:Gratifikasi, Apa itu?

Pelayanan posko kesehatan mudik dilakukan secara rutin oleh tim gabungan TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub serta sejumlah instansi terkait.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: