Kunjungan Wisatawan Diklaim Disporapar Lampung Barat Mencapai 1,3 Juta, Tapi PAD Nol Persen

Kunjungan Wisatawan Diklaim Disporapar Lampung Barat Mencapai 1,3 Juta, Tapi PAD Nol Persen

Kepala Disporapar Lambar, Drs. Dahlin, M.Pd--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat, mengklaim bahwa kunjungan wisatawan periode Januari-November 2023 mencapai 1.311.426 orang. 

Klaim tersebut ternyata belum sesuai dengan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata yang ternyata nihil, khususnya untuk PAD dari Seminung Lumbok Resort di Kecamatan Lumbok Seminung yang menjadi salah satu destinasi kebanggaan bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Kepala Disporapar Lampung Barat Dahlin, M.Pd., saat dikonfirmasi membenarkan bahwa meskipun jumlah kunjungan wisatawan tinggi namun belum memberikan kontribusi terhadap PAD.

"Untuk PAD di sektor pariwisata itu berasal dari retribusi penginapan dan hotel, tetapi untuk Seminung Lumbok Resort tahun 2023 ini tidak ada yang menginap, sehingga PAD nihil," ungkap Dahlin.

BACA JUGA:KPU Lampung Barat Lakukan Simulasi Tungsura

Penyebab tidak ada wisatawan yang menginap di Seminung Lumbok Resort, kata dia, itu disebabkan karena kondisi jalan yang pada awal tahun lalu mengalami kerusakan parah.

"Sehingga paling hanya singgah, selama tahun 2023 tidak ada yang menginap di Seminung Lumbok Resort karena kondisi jalan yang rusak," kata dia, seraya menambahkan bahwa dengan telah diperbaikinya jalan Sukau-Lumbok Seminung maka kedepan diyakini akan banyak wisatawan yang menginap.

Menurut dia, pihaknya tidak henti-hentinya mempromosikan destinasi wisata tersebut. Hanya saja belum ada yang berminat untuk berkunjung dan bermalam, sehingga ini menyebabkan PAD nol persen.

"Tetapi untuk wisma sindalapai Insha Allah target PAD yang ditetapkan akan tercapai," pungkasnya.

BACA JUGA:Dishub Ramp Check di Terminal Sekincau Pantau Kondisi Kendaraan Angkutan

Diberitakan sebelumnya, dari Januari hingga November tahun 2023 jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Lampung Barat sebanyak 1.311.426 orang.

Jumlah kunjungan sebanyak 1.311.426 orang itu merupakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Namun mayoritas pengunjung adalah wisatawan nusantara.

Sebanyak 1.311.426 pengunjung wisatawan itu rinciannya bulan Januari sebanyak 129.607 orang, bulan Februari 135.669 orang, bulan Maret 103.694 orang, bulan April 175.709 orang, bulan Mei 134.512 orang, bulan Juni 188.963 orang, bulan Juli 154.643 orang.

Lalu, bulan Agustus sebanyak 85.755 orang, bulan September 72.231 orang, dan bulan Oktober 65.854 orang serta bulan November sebanyak 64.789 orang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: