Pemkab Pesisir Barat Lakukan Perbaikan Saluran Irigasi Jebol

Pemkab Pesisir Barat Lakukan Perbaikan Saluran Irigasi Jebol

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar),  bergerak cepat memperbaiki saluran irigasi Way Laay Kiri, di Pemangku Punjung, Pekon Laay Kecamatan Karya Penggawa, Rabu 20 Desember 2023 kemarin.

Bahkan, Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., meninjau langsung kegiatan perbaikan saluran irigasi itu didampingi oleh Anggota DPRD Pesbar Hendrik Gunawan, Kepala BPBD Mirza Sahri., Camat Karya Penggawa Wike Wijayanti, Kabid Sumberdaya Air, Euis Agustina, peratin Laay Andri Fahlevi dan masyarakat.

Dalam kesempatan itu Agus Istiqlal., mengatakan Pemkab Pesbar memastikan akan terus berupaya selalu merespon cepat keluhan-keluhan masyarakat, khususnya terhadap kerusakan infrastruktur yang disebabkan oleh bencana alam.

“Tak terkecuali penanganan jebolnya irigasi Way Laay Kiri yang memiliki fungsi cukup vital sebagai infrastruktur yang paling diandalkan dalam memenuhi kebutuhan air area persawahan masyarakat,” kata dia.

BACA JUGA:Para Tokmas Berharap Jalan Poros Pekon Sukadamai dan Sukajadi Digempur Pembangunan

Selain itu Agus Istiqlal, berharap agar penanganan jebolnya irigasi tersebut bisa membuat kebutuhan air area persawahan di kawasan tersebut kembali normal, sehingga tidak berpengaruh dengan menurunnya hasil produksi padi.

“Mudah-mudahan bisa kembali normal, dan sawah masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan air agar tidak mengering serta hasil produksi padi bisa tetap maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Pesbar Hendrik Gunawan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pesbar atas respon yang diberikan, pasalnya saluran irigasi tersebut merupakan salah satu sumber air areal persawahan warga yang berada di sejumlah pekon.

“Jaringan irigasi yang mengalir dari Pekon Penengahan itu, dimanfaatkan oleh areal persawahan yang ada di pekon lainnya, mulai dari Pekon Penggawa Lima Ulu, Pekon Laay, Pekon Penggawa Lima Tengah hingga Pekon Menyancang,” terangnya.

BACA JUGA:Dilengkapi CCTV, Polres Pesisir Barat Resmikan Pos Lantas Kota Krui

Menurutnya, rusaknya saluran irigasi tersebut membuat puluhan hektar areal persawahan di tiga pekon kekurangan air, sehingga dikhawatirkan tidak bisa digarap dengan maksimal.

“Upaya penanganan ini disambut baik oleh masyarakat, dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pesbar yang telah turun langsung kelapangan dalam proses perbaikan saluran irigasi tersebut,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: