Pemerintah Akan Tambah Kuota Pupuk Subsidi, Mentan Andi : Ditebus Cukup Menggunakan KTP

Pemerintah Akan Tambah Kuota Pupuk Subsidi, Mentan Andi : Ditebus Cukup Menggunakan KTP

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabar gembira untuk para Petani bahwasanya tahun 2024 mendatang pemerintah akan tambah kuota pupuk bersubsidi.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman saat selesai acara pertemuan dengan para pembinaan penyuluh pertanian, petani dan babinsa wilayah Lampung.

Acara tersebut dalam rangka mendukung peningkatan produksi padi dan jagung nasional, yang dilaksanakan di lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, Rabu 20 Desember 2023.

"Insya Allah seluruh Indonesia bapak presiden menyetujui untuk menambah kuota. Ini patut disyukuri karena bapak presiden sudah menyampaikan akan menambah kuota pupuk subsidi," ungkapnya.

BACA JUGA:Provinsi Peduli Pekerja Migran Indonesia, Gubernur Lampung Terima Penghargaan dari Menaker RI

Andi juga mengatakan bahwa saat ini para petani juga sudah bisa menebus pupuk bersubsidi hanya dengan menggunakan KTP tanpa harus memiliki kartu tani.

"Penggunaan KTP untuk pupuk subsidi sudah bisa dilakukan sejak sekarang, ini petani lagi butuh. Hujan itu tidak bisa diatur. Kami bertanggung jawab dan untuk sementara berproses Permentan nya namun untuk pelaksanaannya sudah dimulai," terangnya.

Mentan mengatakan hingga kini sudah mengunjungi 10 provinsi di Indonesia dan hasil dilapangan paling banyak dikeluhkan oleh para petani yaitu masalah pupuk.

"Pupuk adalah persoalan nasional, kata kuncinya petani harus dilayani. Sudah dilaporkan ke bapak Presiden kemarin bahwa yang bermasalah saat ini bukan swasembada bukan produksi tapi yang bermasalah adalah pupuknya," ungkapnya.

BACA JUGA:Arinal Paparkan Capaian Pembangunan, Pertumbuhan Ekonomi 2023 Triwulan III di Lampung 4,27 Persen

Mentan Andi meminta kepada para pengecer pupuk sebagai penentu peningkatan produktivitas pertanian untuk tidak mempersulit para petani.

"Pengecer sebagai penentu produksi tolong jangan dipersulit petani kita," ungkapnya.

"Kami sudah keliling di 10 provinsi setelah menjabat 1 bulan lebih untuk Keluhannya adalah pupuk nomor satu. Petani yang tidak punya kartu tani kami minta menggunakan KTP saja cukup. Sehingga mulai sekarang KTP berlaku untuk menebus pupuk di seluruh Indonesia," sambungnya.

Ia menjelaskan strategi Lampung untuk menghadapi el nino yaitu dengan melakukan percepatan tanam, kelancaran pupuk serta menggunakan benih unggulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: