Lengkapi Syarat Jaringan Listrik Way Haru, Pemkab Pesisir Barat Datangi Ditjen KSDAE KLHK

Lengkapi Syarat Jaringan Listrik Way Haru, Pemkab Pesisir Barat Datangi Ditjen KSDAE KLHK

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini terus mengupayakan agar pelaksanaan pembangunan jaringan listrik menuju wilayah Way Haru di Kecamatan Bangkunat segera terwujud.

Salah satunya dengan menyambangi Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Senin 18 Desember 2023.

BACA JUGA:Pekon Mandiri Sejati Salurkan BLT Dana Desa Tahap Akhir

Kunjungan kerja tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Pesbar Ahmad Zulqoinin Syarif, S.H., bersama Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin, turut didampingi Kadis Lingkungan Hidup Pesbar Husni Arifin, S. Ip., Kabag Perekonomian dan SDA Ariswandi, S.Sos, M.P., dan Kabag Tata Pemerintahan Hendri Wijaya.

Dalam kunjungan itu, jajaran Pemkab Pesbar dan Ketua Komite II DPD RI  diterima oleh Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi Ditjen KSDAE KLHK RI, Ahmad Munawir beserta jajaran di ruang rapat Ditjen KSDAE.

BACA JUGA:Siaga Jelang Nataru, Rutan Krui Lakukan Penggeledahan Insidentil Kamar Hunian

Kabag Perekonomian dan SDA Ariswandi, menyampaikan tujuan kedatangan Pemkab Pesbar bersama Senator asal Provinsi Lampung tersebut dalam rangka menyampaikan komitmen masyarakat yang berada di empat pekon yang terdiri dari Pekon Way Haru, Pekon Way Tias, Pekon Bandar Dalam dan Pekon Siring Gading Kecamatan Bangkunat.

“Komitmen tertulis dari masyarakat  tersebut merupakan salah satu syarat perjanjian kerjasama (PKS) antara PT. PLN Persero dengan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBS) untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan sepanjang 14 kilometer dari Way Heni sampai dengan Way Haru Kecamatan Bangkunat,” kata dia.

BACA JUGA:Diduga Membantu Kaburnya Tahanan Polda Lampung, Istri Salah Satu Tahanan Ditangkap Polisi

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi Ditjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Ahmad Munawir, menyambut baik kedatangan jajaran Pemkab Pesbar dan Ketua Komite II DPD RI, Bustami Zainudin, mengingat pentingnya salah satu persyaratan yaitu komitmen masyarakat di empat pekon tersebut.

“Pihak Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi akan segera memanggil Kepala Balai Besar TNBBS untuk menindak lanjuti agar PKS antara PT PLN Persero dengan Balai Besar TNBBS segera dilaksanakan sehingga harapan masyarakat segera terwujud,” jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Pesisir Barat Gelar Operasi Pasar Beras Bersubsidi

Menurutnya, terwujudnya program indonesia terang sampai ke daerah terpencil tentu akan berdampak pada semakin baiknya perekonomian masyarakat dan masyarakat di wilayah Way haru mendapatkan penerangan yang layak.

“Sedangkan untuk perbaikan dokumen lingkungan yang merupakan persyaratan yang  juga merupakan syarat PKS diminta kepada pihak PT. PLN Persero UID Lampung untuk segera menyelesaikan perbaikan sehingga PKS antara kedua belah pihak segera dilaksanakan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: