Berbeda dengan Eropa, di Asia Banyak Dibangun Gedung Pencakar Lagit, Ini Alasannya

Berbeda dengan Eropa, di Asia Banyak Dibangun Gedung Pencakar Lagit, Ini Alasannya

--

BACA JUGA:Bagi Raport di Beberapa SD Way Tenong Meriah

Harga properti yang tinggi juga menjadi faktor mengapa jarang dibangun gedung yang tinggi. Daerah perkotaan maju seperti London, Paris, juga Berlin memiliki harga properti yang mahal.

Selanjutnya, sejumlah kota memiliki regulasi ketat dalam mendirikan bangunan. Terdapat juga aturan khusus yang membatasi ketinggian suatu gedung, hal tersebut membuat para pengembang memilih membangun gedung dengan ketinggian rendah namun lebih padat.

3. Tidak Berkelanjutan

Pembangunan gedung tinggi dinilai tidak berkelanjutan (sustainability) terhadap lingkungan. Sebab, konstruksi gedung modern mengandalkan sistem pemanas, pendingin, serta pencahayaan yang boros energi untuk mengatur suhu ruangan.

BACA JUGA:PKBI Lampung Barat Gelar Refleksi Kegiatan Sekaligus Rayakan HUT Ke-66

Lain halnya seperti bangunan tradisional yang menggunakan material ramah lingkungan. Kemudian, bangunan tradisional dirancang untuk selaras dengan alam, mengusung desain ventilasi yang baik, serta memperhatikan faktor-faktor kenyamanan bagi penghuninya.

4. Pembangunan Kembali Pasca Perang

Setelah Perang Dunia II, sejumlah kota besar di Eropa hancur lebur karena diserang musuh. Saat melakukan rekonstruksi bangunan, banyak yang mengira kota-kota tersebut akan mengusung konsep modernisasi dengan membangun gedung-gedung tinggi.

Nyatanya, banyak kota yang memilih restorasi bangunan warisan budaya daripada membangun gedung modern. Upaya restorasi ini difokuskan pada pembangunan kembali bangunan bersejarah dan kawasan perkotaan dengan memakai material dan teknik tradisional.

BACA JUGA:Pengumuman Kelulusan PPPK di Lampung Barat Diundur, Cek Ini Alasannya!

Hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah populasi masyarakat Eropa yang rendah. Alhasil, tidak ada yang tertarik untuk membangun gedung-gedung tinggi kala itu.

Daftar 5 Gedung Tertinggi di Eropa

Penasaran, apa saja gedung tertinggi yang ada di Benua Eropa? Mengutip situs World Atlas, simak daftarnya di bawah ini:

Lakhta Center, Saint Petersburg, Rusia (462 meter)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: