Surat Suara Pemilu 2024 Mulai Dicetak, KPU Pesisir Barat Lakukan Pengecekan

Surat Suara Pemilu 2024 Mulai Dicetak, KPU Pesisir Barat Lakukan Pengecekan

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), pada Kamis, 14 Desember 2023, mulai melakukan pengecekan proses pencetakan surat suara (susu) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, untuk Pemilihan Calon Presiden dan calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres), calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, dan DPRD Kabupaten Pesbar, di Jakarta Pusat.

Ketua KPU Kabupaten Pesbar, Marlini, mengatakan, untuk pencetakan surat suara Pemilu itu dilakukan di Jakarta Pusat. kini masih dalam proses pencetakan yang dilakukan oleh PT.Kompas Gramedia Palmerah. 

Dalam pengecekan proses pencetakan surat suara Pemilu 2024 untuk di Kabupaten Pesbar diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesbar, Polres Pesbar, dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Barat.

“Pengecekan proses pencetakan surat suara ini salah satunya untuk memastikan surat suara sudah dicetak dengan baik, begitu juga dengan jumlahnya harus sesuai dengan yang dibutuhkan,” katanya, Jumat, 15 Desember 2023.

BACA JUGA:Pengumuman Hasil Seleksi CASN 2023 Diundur

Dijelaskannya, dalam proses pencetakan surat suara tersebut dibagi dua tempat, yakni untuk surat suara capres-cawapres dan DPD itu pencetakannya di Gramedia, Cikarang. 

Tentu, nanti juga akan dijadwalkan untuk dilakukan monitoring sesuai dengan yang telah dijadwalkan. 

Sementara itu, terkait dengan pendistribusian ataupun pengiriman logistik surat suara tersebut rencananya dijadwalkan pada 19 Desember 2023 mendatang.

“Dalam pendistribusian logistik surat suara Pemilu di Kabupaten Pesbar nanti juga akan ada kerjasama dengan PT Pos Indonesia. Mudah-mudahan dalam proses pencetakan hingga selesai nanti tidak ada kendala,” jelasnya.

BACA JUGA:Nukman Bakal Kembali Dikukuhkan Sebagai Pj Bupati Lampung Barat

Selain itu, kata dia, untuk pendistribusian semua logistik Pemilu di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti tentunya akan dilaksanakan menjelang hari pemungutan surat suara. 

Karena nanti setelah logistik surat suara Pemilu tersebut tiba di gudang logistik KPU Pesbar, maka selanjutnya KPU Pesbar juga akan kembali melakukan packing semua logistik.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan packing logistik Pemilu hingga pendistribusiannya ke seluruh TPS nanti berjalan lancar. Terlebih pada Januari-Februari 2024 mendatang itu telah memasuki musim penghujan. Kita berharap semuanya aman dan tidak terjadi kerusakan logistik,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: