Ustadz Adi Hidayat: Ilmu Jangan Dijadikan Pemicu Kesombongan!

Ustadz Adi Hidayat: Ilmu Jangan Dijadikan Pemicu Kesombongan!

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ustadz Adi Hidayat (UAH) dspam sebuah kajian ceramah menekankan betapa pentingnya kesadaran bahwa ilmu yang dimiliki sejatinya itu anugerah dan titipan dari Allah SWT. 

Seiring bertambahnya ilmu, seseorang seharusnya memiliki rasa bersyukur dan tidak merasa sombong.

Ketika seseorang mendapatkan pengetahuan, itu bukan karena kemampuannya sendiri, melainkan semuanya karena Allah yang berkehendak menitipkannya.

Ustadz Adi Hidayat memberi contoh bagaimana banyak orang yang belajar dengan keras namun jika Allah tidak berkehendak, maka ilmu tersebut tidak akan didapatkan.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat: Baca Do'a Ini Ketika Turun Hujan

"Sangat penting selalu mengembalikan pengetahuan kepada Allah dan menjauhkan diri dari sifat kesombongan," kata UAH

Kesombongan sangat  bahaya dalam pengetahuan, sebagaimana diceritakan dalam kisah Iblis yang sombong dan Qarun yang merasa kaya karena ilmunya itu.

Ketika mendalami kisah-kisah tersebut, bagaimana Allah mengajarkan pelajaran berharga tentang pentingnya kesadaran bahwa semua yang dimiliki, termasuk ilmu, adalah titipan dari-Nya.

Kita dianjurkan agar selalu bersyukur, tawadhu, dan mengembalikan segala puji kepada Allah.

BACA JUGA:Hati-hati saat Menemukan Uang di Jalan, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat juga menjelaskan betapa pentingnya mengenali keterbatasan ilmu seseorang. 

"Tidak ada satu orang pun yang dapat menguasai segala hal. Ini mengajarkan untuk selalu merendahkan diri dan menyadari bahwa hanya Allah yang Maha Sempurna," jelasnya.

Sebelum menerima ilmu, seseorang perlu membangun pondasi kokoh dengan nilai spiritual. Hal ini agar saat pengetahuan datang, seseorang tidak mudah tergoda oleh kesombongan, riya, popularitas, atau materi.

Sangat penting untuk selalu menjaga hati dan meningkatkan kesadaran spiritual saat menuntut ilmu. Menurutnya, dengan dasar spiritual yang kuat, ilmu yang didapat nantinya akan membawa berkah dan manfaat bagi banyak orang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: