Hati-hati saat Menemukan Uang di Jalan, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Hati-hati saat Menemukan Uang di Jalan, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kaum Muslimin harus hati-hati jika menemukan uang di jalan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan apabila mengalaminya.

Ketika dihadapkan dengan kejadian tersebut, mungkin seseorang akan bingung. Kemudian muncul pilihan mengambil, berusaha mengembalikan, atau justru membiarkannya. 

Menurut ajaran agama Islam bagaimana?

Ustadz Adi Hidayat mengatakan apabila seorang Muslim menemukan uang atau barang berharga lainnya, kita harus mengedepankan prinsip kehati-hatian.

BACA JUGA:Ustad Adi Hidayat : Bersedekah Jadi Salah Satu Bentuk Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

"Kalau ada yang nemu tas, dompet, uang, dan sekiranya barang tersebut berharga, itu harus dikembalikan," ucap Ustadz Adi Hidayat

Ada dua langkah sebaiknya dilakukan sebagai bentuk penerapan prinsip kehati-hatian dan juga sebagai upaya menegakkan hukum yang benar yaitu mengembalikannya.

Pertama membiarkannya. Hal ini jika ragu dan merasa tidak mampu mengembalikannya kepada pemilik uang atau barang yang di temuan tersebut. Perlu diketahui, apabila seseorang mengambilnya, maka kewajiban mengembalikan sudah harus dilakukan oleh orang yang menemukan tersebut.

Apabila merasa tidak mampu mengembalikannya, ambil barang tersebut lalu berikan kepada orang lain,sekiranya lebih mampu melacak pemilik barang tersebut. Contohnya segera hubungi pihak berwajib.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Beri Penjelasan Tentang Keutamaan Sholat Dhuha

kedua, jika merasa punya kemampuan dan kemauan mengembalikannya, maka lakukan hal tersebut dengan niat karena Allah SWT untuk beribadah.

Bisa jadi Allah akan mudahkan jalannya dan melembutkan hati pemilik barang, dan akan ada manfaat yang bisa didapatkan dari barang tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: