Cegah Inflasi dan Menjaga Ketersediaan Pangan, Pemkab Way Kanan Gelar Gerakan Pangan Murah

Cegah Inflasi dan Menjaga Ketersediaan Pangan, Pemkab Way Kanan Gelar Gerakan Pangan Murah

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pada tanggal 28 November 2023, Bupati WAY KANAN H. Raden Adipati Surya, S.H, M.M., secara resmi membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman Kantor Camat Negeri Agung. 

Acara tersebut turut dihadiri oleh pejabat forkopimda dan menjadi momentum penting dalam upaya mengatasi dampak inflasi yang dapat berdampak negatif terhadap stabilitas harga pangan pokok strategis di wilayah Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya, Bupati Adipati Surya menekankan pentingnya langkah-langkah konkret dalam mengendalikan inflasi. 

Pemkab Way Kanan, bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional, menjalankan kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan, terutama di wilayah yang memiliki jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) Ekstrem, salah satunya di Kecamatan Negeri Agung.

BACA JUGA:Pj Peratin di Kecamatan Belalau dan Batu Brak Langsungkan Sertijab

"Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menjaga stabilitas harga pangan pokok strategis, menjaga pasokan rantai distribusi pemasaran yang terintegrasi, dan mencegah terjadinya praktik Patron-Client di mana pemasukan pangan ke pasar suatu wilayah hanya dapat dilakukan oleh pelaku usaha tertentu. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan market power oleh pelaku usaha tertentu," tegas Adipati Surya.

Gerakan Pangan Murah ini menjadi langkah nyata pemerintah daerah untuk merespons tantangan ekonomi dan sosial, terutama dalam konteks ketersediaan dan harga pangan. 

Langkah ini diharapkan dapat memberikan solusi konkrit terhadap anjloknya harga pada masa panen raya dan tingginya harga saat musim kemarau.

Camat Negeri Agung, Hepi Haryanto, SE., juga turut memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Gerakan Pangan Murah.

BACA JUGA:Radio Swara Praja Dikudeta, Kini Direksi Dijabat Asisten III, Kadis dan Sekdis Kominfo

Ia memuji kerjasama antara instansi pemerintah, swasta, asosiasi petani, dan pelaku usaha pangan di wilayah Kabupaten Way Kanan. 

Semua pihak tersebut, secara tidak langsung, berperan besar dalam mengatasi fluktuasi harga pangan yang dapat memberatkan masyarakat.

"Gerakan Pangan Murah memiliki tujuan mulia, yaitu mempermudah masyarakat, khususnya RTM Ekstrem, dalam memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau. Ini menjadi solusi nyata untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan memastikan kecukupan pangan di setiap rumah tangga," tambah Hepi.

Dalam konteks cuaca, Hepi juga mengingatkan warganya yang bermukim di bantaran Way Besai untuk selalu berhati-hati dan bersiap-siap menghadapi kemungkinan banjir yang dapat datang secara tiba-tiba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: