Pentingnya Pelestarian Monyet Ekor Panjang dalam Mempertahankan Keanekaragaman Hayati TNWK

Pentingnya Pelestarian Monyet Ekor Panjang dalam Mempertahankan Keanekaragaman Hayati TNWK

Ilustrasi Monyet Ekor Panjang penghuni TMWK-Pixabay.com-

Oleh: Elsa Yuliana (121180068), Jeni Putri Ananta (121180049), Kharisma Aulia Putri (121180019), Naomi Natalia Damanik (121180021), Rohid Simamora (121180047), Simon Martinus (121180067), Widia Ratna Sari (121180051)

 

Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) merupakan salah satu satwa penghuni hutan yang berada di TNWK. 

Macaca Fascicularis yang juga dikenal sebagai primata berkantung adalah kelompok primata yang memiliki ciri khas ekor panjang yang digunakan untuk menjelajahi hutan-hutan tropis di berbagai belahan dunia. 

Monyet ekor panjang memiliki kemampuan akrobatik yang luar biasa dalam memanjat, berayun, dan melompat di pohon-pohon tinggi, serta menggunakan ekor mereka untuk mencari makanan seperti buah-buahan dan daun-daunan. 

Mereka juga memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan sering mengembangkan hubungan sosial kompleks dalam kelompok-kelompok mereka.

Morfologi monyet ekor panjang dewasa umumnya mencakup tubuh berukuran sekitar 40-50 cm tanpa memasukkan panjang ekor, dengan berat berkisar antara 3 hingga 7 kg. 

Memiliki ekor dengan panjang sekitar 1 hingga 1,5 kali panjang tubuh mereka, serta kepala berwarna coklat keabu-abuan atau merah-merahan. 

Warna rambut yang bervariasi dari coklat abu-abu hingga coklat merah, sedangkan wajah berwarna abu-abu kecoklatan dengan adanya jambang berwarna abu-abu di pipi, dan beberapa anggota memiliki jambul di atas kepala serta memiliki bentuk hidung datar dengan ujung yang menyempit. 

Macaca fascicularis memiliki gigi seri yang menyerupai sekop, gigi taring, dan gigi geraham yang digunakan untuk mengunyah makanan. 

Ciri khas dari primata berekor panjang ini adalah kaki belakang yang lebih panjang daripada kaki depan, serta memiliki empat mahkota gigi pada setiap geraham dengan mahkota molar yang rendah. 

Mereka memakan buah-buahan dan memiliki kantong di pipi untuk menyimpan makanan. 

Biasanya, monyet ekor panjang hidup dalam kelompok populasi, yang mana mereka bersama-sama menempati wilayah tertentu pada waktu-waktu tertentu.

Populasi monyet ekor panjang di Taman Nasional Way Kambas memiliki peran penting dalam menjaga biodiversitas dan keseimbangan alam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: