Camat Kebun Tebu Berharap Vaksinasi PMK Merata

Camat Kebun Tebu Berharap Vaksinasi PMK Merata

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Camat Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Ernawati, S.E., memantau langsung kegiatan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) oleh Puskeswan dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Pekon Muara Baru Senin (6 November 2023).

Seperti diketahui Vaksinasi PMK merupakan program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang spesifik terhadap PMK

Dan diharapkan ternak berkaki empat seperti kambing dan sapi yang sudah divaksin akan membentuk kekebalan, mencegah hewan ternak tersebut sakit, dan mencegah penularan antar hewan ternak. 

Camat Erna berharap pelaksanaan vaksin untuk hewan ternak baik sapi ataupun kambing bisa terlaksana merata ke setiap pekon yang ada hewan ternaknya.

BACA JUGA:Kabupaten Lampung Barat Terima Dana Insentif Fiskal Rp5 Miliar

Karena kegiatan vaksin ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan PMK, apalagi hewan-hewan ternak seperti kambing merupakan harapan para petani dan peternak dalam pemulihan ekonomi setelah petani kopi mengalami gagal panen dan para petani yang terdampak El Nino seperti saat sekarang ini.

Kepala BPP Kebun Tebu Yazid, S.P, menyampaikan vaksinasi yang dilakukan tersebut dijalankan secara berkeliling dari pekon ke pekon dan menuju kandang ternak masyarakat.

Dijelaskannya vaksinasi yang dilakukan secara berkeliling terhadap ternak masyarakat merupakan program gratis dalam rangka membantu masyarakat dalam mencegah PMK yang pernah melanda dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan peternak.

Lanjut dia, vaksin PMK akan terus dilaksanakan dan ditargetkan menyentuh semua ternak masyarakat, karena sekarang ini keberadaan peternakan seperti kambing dan sapi terus berkembang bahkan menjadi salah satu program banyak pekon dalam merealisasikan kegiatan ketahanan pangan.

BACA JUGA:Jadwal Kampanye Dimulai 28 November, Jangan Curi Start!

Artinya sangat dimungkinkan banyak ternak baru yang dibeli dari luar maupun perkembangbiakan ternak karena itu petugas berkompeten dari dinas perkebunan dan peternakan Lampung Barat seperti halnya PPL maupun puskeswan akan terus melakukan sosialisasi dan kegiatan vaksinasi hewan ternak.

Oleh karena itu Yazid berharap dukungan dari semua pihak baik pemerintahan Pekon maupun masyarakat untuk memberikan data dan menyampaikan laporan terhadap ternak yang belum divaksinasi PMK. 

Sekedar diketahui Petugas BPP bekerjasama dengan petugas Puskeswan Kecamatan Gedung Surian, terus bergerilya melakukan vaksinasi ternak masyarakat di wilayah setempat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: