Kampanye Gizi Produk Peternakan Mendukung Penurunan Stunting di Provinsi Lampung

Kampanye Gizi Produk Peternakan Mendukung Penurunan Stunting di Provinsi Lampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Protein hewani berperan penting dalam tumbuh kembangnya kecerdasan maupun fisik suatu individu. 

Tingkat konsumsi yang rendah pada anak usia dini memberikan pengaruh yang tidak baik dalam jangka waktu yang panjang.  

Selain faktor genetik, tumbuh kembang otak sang janin sangat dipengaruhi faktor gizi melalui makanan yang dikonsumsi oleh orang tuanya, karena otak tersusun atas protein dan lemak yang kebanyakan berasal dari hewani. 

Jika tidak tercukupi, kerugian bersifat irreversible (tidak bisa diperbaiki) akan terjadi, kondisi ini tentunya akan berakibat pada penurunan kualitas sumberdaya manusia Indonesia sebagai modal utama pembangunan bangsa. 

BACA JUGA:HUT GRANAT Ke 24, POLDA Lampung dan GRANAT Lampung Dapat Penghargaan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung, menyelenggarakan kegiatan Kampanye Gizi Produk Peternakan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH). 

"Pangan Asal Hewan yaitu daging, susu dan telur harus Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH)  artinya : Aman artinya tidak mengandung  bahaya biologis, kimiawi dan fisik yang dapat menyebabkan penyakit dan mengganggu kesehatan," kata Kepala Disnakkeswan Provinsi Lampung Ir. LILI MAWARTI, M,Si., Minggu 5 November 2023.

Kemudian Sehat artinya mengandung zat-zat yang dibutuhkan dan berguna untuk kesehatan manusia.

Lanjutnya Utuh artinya tidak dikurangi atau dicampur dengan bahan lain.

BACA JUGA:Soal Dugaan Anak Dianiaya di Bandar Lampung Bukan Terjadi di Pesantren

Dan Halal artinya penyembelihan dan penanganan sesuai dengan syariat agama Islam.

Lili juga mengatakan kegiatan tersebut di laksanakan sebagai upaya untuk mendukung penurunan kasus stunting di Provinsi Lampung.

Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar dan resiko serangan penyakit kronis. 

Dalam masa pertumbuhannya, terutama pada fase 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), diperlukan nutrisi yang cukup bagi perkembangan organ vital manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: