Anies Baswedan Miliki Kedekatan Sangat Erat dengan Para Kyai dan Santri

Anies Baswedan Miliki Kedekatan Sangat Erat dengan Para Kyai dan Santri

--

BACA JUGA:BPBD Imbau Waspada Bencana Dampak Musim Hujan

Diketahui, Kiai Said Aqil Siradj merupakan Ketua Umum PBNU dua periode 2010 hingga 2021..Kemudian, Anies juga terus mengunjungi para kyai dan tokoh NU lainnya.

Si awal Mei 2023, dirinya menghadiri undangan haul ke-47 Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid di Masjid Riyadlus Sholihin, Tanggul. Kehadiran Anies Baswedan disambut para ulama, habaib, juga keturunan Habib Sholeh Tanggul.

Pada saat itu, ratusan ribu jamaah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia juga antusias menyambut calon presiden dari NasDem tersebut.

Tak berhenti di situ, Gubernur DKI Jakarta periode 2017 hingga 2022 ini terus melanjutkan silaturahmi ke tokoh NU lainnya. Anies juga bersilaturahmi ke kediaman KH. Muzakki Syah, pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri yang berlokasikan di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Mei 2023. Dalam kesempatan tersebut, Anies memohon doa dari K.H. Muzakki serta mendoakan sosok pimpinan Pondok Pesantren Al Qodiri tersebut. Anies terus gencar melakukan safari politik.

BACA JUGA:DPC PDIP Lampung Barat Berangkatkan 250 Kader ke GBK

Kali ini di Pondok Pesantren Nurul Huda Sragen, Jawa Tengah. Dia bertemu KH Syarif Hidayatullah. Kunjungan ke beberapa pondok pesantren terus memperkuat dukungan dari para kiai, tokoh, dan para santri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dukungan dari pesantren terus mengalir. Ketua Umum Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU) Ahmad Rouf Qusyairi menilai, sosok bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tersebut ternyata memiliki nilai yang sama dengan kalangan santri.

Hal tersebut diungkapkan ketika menghadiri Deklarasi FormasNU Kabupaten Jombang. Menurutnya, Anies merupakan sosok yang representasi dan sekaligus menginspirasi bagi kalangan santri.

Kemudian, menurut Rouf, Anies merupakan satu-satunya bakal calon presiden dari kalangan santri. Menurut Rouf, Anies memiliki kedekatan kuat dengan kalangan Nahdliyin.

BACA JUGA:DPC PDIP Lampung Barat Berangkatkan 250 Kader ke GBK

Bahkan, Anies selama memimpin Ibu Kota DKI Jakarta periode 2017 hingga 2022 sudah terbukti mampu menyatukan berbagai kelompok agama.

Sementara itu, ribuan warga Nahdliyin mengikuti acara doa, munajat dan sholawat untuk kemenangan Anies Baswedan yang digelar oleh Jaringan Silaturahmi Kiai Kampung (JSKK) bersama para kiai Nahdlatul Ulama (NU) di Lapangan Graha Alfa Tinggarjaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Kamis (25 Mei 2023).

Sekitar tiga ribuan orang memadati Monumen Trunojoyo atau Alun-alun Kabupaten Sampang, Madura untuk menggelar zikir dan doa bersama untuk Anies Baswedan pada Sabtu, 28 Januari 2023.

BACA JUGA:Selain Targetkan 7 Kursi di Lambar, Ismun Zani Juga Optimis Raih Kursi di DPRD Provinsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: