Usulan Nama KH Ahmad Hanafiah Jadi Pahlawan Nasional Asal Lampung Tinggal Tunggu Penetapan

Usulan Nama KH Ahmad Hanafiah Jadi Pahlawan Nasional Asal Lampung Tinggal Tunggu Penetapan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah mengusulkan KH. Ahmad Hanafiah, seorang ulama pejuang Lampung, kepada Tim Penilai dan Pengkaji Gelar Pusat Kementerian Sosial untuk menerima Gelar pahlawan nasional.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, menyatakan harapannya bahwa KH Ahmad Hanafiah akan diumumkan sebagai pahlawan nasional pada 10 November 2023, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional.

"Untuk gelar pahlawan nasional sedang kita kawal, informasinya sudah dibahas oleh DGN dan tinggal menunggu penetapan. Kita sama-sama berdoa semoga calon pahlawan atas nama Ahmad Hanafiah bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional," katanya, Kamis 2 Oktober 2023.

Menurut Aswarodi, proses penentuan gelar pahlawan nasional sedang dalam pengawasan, dan keputusannya akan diumumkan setelah rekomendasi dari Tim Penilai dan Pengkaji Gelar Pusat. 

BACA JUGA:Berikut Prakiraan Cuaca dan Beberapa Wilayah Provinsi Lampung

"Karena kita tahu di Lampung ini baru ada 1 pahlawan nasional, yaitu Raden Intan. Maka kita sama-sama berdoa dan berharap dihari pahlawan 10 November nanti pahlawan nasional kita bertambah menjadi dua orang," ungkapnya.

Namun, saat ini mereka masih menunggu informasi apakah Presiden Joko Widodo akan menyetujui pengusulan nama KH Ahmad Hanafiah sebagai pahlawan nasional dari Provinsi Lampung.

"Sekarang proses nya sudah di bahas oleh DGN dan sudah direkomendasikan untuk ditetapkan oleh Presiden. Apakah nama Ahmad Hanafiah masuk kedalam rekomendasi yang diusulkan ke presiden ini kita masih belum dapat informasi, tapi semoga masuk rekomendasi yang diusulkan," jelasnya.

Ia juga menambahkan berdasarkan pengalaman, yang sudah dibahas oleh DGN kemudian di rekomendasikan ke Presiden tidak menjamin semua ditetapkan.

BACA JUGA:Berikut Prakiraan Cuaca dan Beberapa Wilayah Provinsi Lampung

Sementara menunggu keputusan tersebut, Pemprov Lampung berencana untuk merayakan Hari Pahlawan dengan berbagai kegiatan seperti upacara bendera, ziarah makam pahlawan, dan penaburan bunga. 

"Pemprov Lampung sebagai mana rujukan dari Kemensos terkait dengan rangkaian kegiatan hari pahlawan akan melaksanakan beberapa kegiatan," ungkapnya.

Upacara bendera akan dilaksanakan pada tanggal 10 November pukul 7.30 WIB di Lapangan Korpri, dengan Korem 043 Gatam sebagai koordinator kegiatan. 

"Kedua tabur bungan, ini lazim setiap tahun diadakan dan sebagai koordinator kita serahkan kepada Pemkot Bandar Lampung dengan Inspektur adalah walikota," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: