67 Pekon di Pesisir Barat Telah Ajukan Pencairan Dana Desa Tahap 3

67 Pekon di Pesisir Barat Telah Ajukan Pencairan Dana Desa Tahap 3

Ilustrasi Dana Desa--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), mulai memproses pengajuan anggaran dana desa (DD) tahap tiga dan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) tahap 3.

Kabid Kelembagaan dan Pemerintahan Pekon, Nora Elisa., mendampingi Plt. Kadis PMP Pesbar, M. Nursim Chandra, M.M., mengatakan kini sudah banyak pekon yang mengajukan pencairan anggaran DD dan BLT-DD tahap 3.

“Sudah banyak pekon yang menyampaikan usulan untuk menerima anggaran DD dan BLT-DD tahap tiga itu, ada yang sudah disalurkan ke masing-masing pekon, ada juga yang masih dalam proses,” kata dia.

Dijelaskannya, total pekon yang telah mengajukan pencairan anggaran DD dan BLT-DD tahap 3 itu sebanyak 67 pekon, dari jumlah itu 21 pekon telah menerima anggaran DD dan BLT-DD tahap tiga, berkas 14 pekon telah direkomendasi ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan berkas 32 pekon masih dalam proses.

BACA JUGA:DKPP Pesisir Barat Pastikan Beras yang Dijual Saat GPM Aman Dikonsumsi

“Semua berkas usulan yang masuk langsung kita proses, jika berkas lengkap maka langsung kita keluarkan rekomendasi ke KPPN, sedangkan jika masih ada kekurangan atau kesalahan kita kembalikan ke pekon untuk dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam penyaluran anggaran DD dilaksanakan dalam tiga tahap, dengan rincian tahap pertama dan tahap dua masing-masing 40% dan tahap tiga 20% dari total pagu anggaran masing-masing pekon.

“Sekarang sudah masuk proses pencairan DD tahap tiga sebesar 20%, sedangkan untuk tahap pertama dan tahap dua sudah selesai dilaksanakan,” jelasnya.

Ditambahkannya, pihaknya mengimbau seluruh pekon di kabupaten setempat, agar segera menyampaikan berkas usulan pencairan anggaran DD dan BLT-DD tahap tiga ke Dinas PMP Pesbar untuk dilakukan verifikasi sebelum dikeluarkan rekomendasi ke KPPN.

BACA JUGA:Seleksi Administrasi PPPK Pesisir Barat Selesai, Hasilnya Belum Bisa Langsung Diumumkan

“Kami sudah menginformasikan ke seluruh pekon agar segera menyampaikan berkas usulan pencairan DD dan BLT-DD tahap tiga itu, agar bisa langsung diproses, sehingga sebelum akhir tahun semua pekon sudah menerima anggaran dimaksud,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: