Jelang Pemilu 2024, Polres Pesisir Barat Cooling System Daerah Terpencil

Jelang Pemilu 2024, Polres Pesisir Barat Cooling System Daerah Terpencil

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dalam rangka cooling system yang merupakan program Polri salah satunya untuk memonitoring Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. 

Jajaran Polres Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) sejak Rabu hingga Jumat (4-6 Oktober 2023) lalu, melakukan kegiatan patroli jarak jauh di daerah terpencil di Kecamatan Bangkunat.

Kegiatan cooling system itu dipimpin oleh Kabag Ops Polres Pesisir Barat AKP Abdul Rasyid, S.H, M.H., serta didampingi Kabag SDM AKP Ono Karyono, S.H, M.H., Kasat Lantas Iptu Rudy Apriansyah Unyi, S.H., Kapolsek Bengkunat Iptu Juni Rosiwan, S.Sos., serta jajaran personil Polsek Bengkunat.

Dalam kesempatan itu, Abdul Rasyid, mengatakan, kegiatan patroli di daerah terpencil di Pekon Bandar Dalam, Way Tiyas, Siring Gading, dan Way Haru serta wilayah Tambling Wild Nature Conservation (TWNC) di Kecamatan Bangkunat itu dilaksanakan selama tiga hari. 

BACA JUGA:Pocil Polres Pesisir Barat Ikuti Latihan Perdana

Hal itu sebagai upaya untuk mendeteksi dini tingkat kerawanan di masyarakat menjelang Pemilu 2024.

“Kami sekaligus melakukan pemetaan kerawanan Pemilu 2024 di daerah terpencil itu. Selain itu juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” kata dia, mewakili Kapolres AKBP Alsyahendra, S.IK, M.H.

Dijelaskannya, masyarakat ada di daerah terpencil itu juga mendapatkan imbauan dan peringatan untuk tidak melakukan perburuan satwa dilindungi yang ada di dalam kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). 

Selain itu juga, memberikan arahan kepada Security Group Artha (SGA) yang melaksanakan pembinaan dan latihan (Binlat) untuk disiplin. Jajaran Polres Pesbar juga memberikan edukasi tentang Kamtibmas.

BACA JUGA:Lewat Seleksi PPPK, Pesisir Barat Berpeluang Miliki Dokter Hewan

“Diharapkan semuanya dapat menjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat, serta berkoordinasi dengan personel angkatan laut, maupun tokoh masyarakat dalam rangka rencana peninjauan Pulau terluar yang ada di Pesbar kedepan,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk daerah terpencil yang ada di Kecamatan Bangkunat itu terdapat empat Pekon, semua Pekon hingga saat ini masih berlangsung kondusif, dan tidak ditemukan adanya persoalan ataupun gangguan Kamtibmas, dan sampai saat kondusifitas di wilayah terpencil itu masih terus terjaga dengan baik.

“Untuk itu, kita menghimbau masyarakat agar saling bekerjasama dalam menjaga Kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: