103.619 Warga Pesisir Barat Masuk Peserta BPJS Kesehatan PBI Pusat

103.619 Warga Pesisir Barat Masuk Peserta BPJS Kesehatan PBI Pusat

BPJS Kesehatan--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mencatat jumlah peserta Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai 103.619 jiwa.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Erma Oktariowati, mengatakan jumlah peserta BPJS Kesehatan PBI dari APBN itu berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikeluarkan Kementerian Sosial (Kemensos) di Kabupaten setempat.

BACA JUGA:Puncak Festival Literasi, Ketua Dewan Pengawas Tim GLD Parosil Mabsus akan Berikan Penghargaan

“Hingga Mei jumlah DTKS di Kabupaten Pesbar mencapai 116.296 jiwa yang tersebar di 36.024 kepala keluarga (KK), dari jumlah itu ada sekitar 12.667 jiwa yang tidak masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan PBI APBN itu,” kata dia.

Dijelaskannya, data tersebut mengalami setiap bulannya, karena jika peserta BPJS Kesehatan keluar dari DTKS maka secara otomatis kepesertaan BPJS Kesehatan PBI APBN akan terhapus.

BACA JUGA:DPRD Lampung Barat Bakal Kembali Cek Ulang Proyek Paving Block GSG Bung Karno Setelah Dibongkar

“Jika keluar dari DTKS, tidak hanya peserta BPJS Kesehatan PBI yang hilang, kepesertaan Bantuan Sosial lainnya juga akan hilang,” jelasnya.

Menurutnya, banyak faktor yang membuat masyarakat keluar dari DTKS, mulai dari terdaftar sebagai penerima upah sesuai dengan upah minimum kabupaten hingga provinsi, sudah meninggal atau pindah domisili.

BACA JUGA:Cegah Kebocoran Retribusi, DPRD Lampung Barat Dorong Pemkab Terapkan Digitalisasi

“Kita terus memperbaharui DTKS, hal itu untuk memastikan bahwa masyarakat sasaran penerima bantuan sosial atau bantuan lainnya termasuk kepesertaan BPJS kesehatan PBI APBN itu lebih tepat sasaran,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: