Harga Gabah Kering di Pesisir Barat Naik Hingga Rp6.700 Per Kilogram

Harga Gabah Kering di Pesisir Barat Naik Hingga Rp6.700 Per Kilogram

Ilustrasi gabah kering-Freepik.com@jcomp-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Harga Gabah Kering Panen (GKP) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni dengan kisaran Rp6.500 sampai Rp6.700 per kilogram, bila dibandingkan dengan beberapa bulan lalu atau sebelum musim kemarau ini.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Muchtar Husin, S.P., mendampingi Kepala DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) Kabupaten Pesbar Unzir, S.P., mengatakan, saat ini kondisinya masih memasuki musim kemarau, harga GKP di Pesbar masih mengalami kenaikan sebesar Rp6.500 sampai 6.700/kg atau mengalami kenaikan dari sebelumnya.

“Di bulan April 2023 lalu harga GKP itu di kisaran Rp4.000/kg, dan Mei-Juni 2023 di kisaran harga Rp4.800/kg, serta pada Juli di kisaran harga Rp5.000/kg, dan Agustus 2023 kembali naik dengan harga Rp6.000/kg,” katanya, Selasa (3 Oktober 2023).

Kemungkinan, kata dia, untuk kenaikan harga GKP di tingkat petani itu salah satunya karena dampak musim kemarau, atau memang ada faktor lainnya. 

BACA JUGA:Pekon Kenali Salurkan Bantuan Beras CPP Tahap 4 Kepada 300 KPM

BACA JUGA:Tangani Dampak El Nino, Pemprov Lampung Siapkan Dana Belanja Tak Terduga

Karena memang saat ini kondisi harga beras di pasaran juga ikut naik. 

Meski begitu, kenaikan harga GKP tersebut tentunya sangat berdampak baik bagi petani. 

Artinya, dengan harga yang tinggi itu jelas akan membantu petani, salah satunya untuk meningkatkan perekonomiannya.

“Mengingat, pada musim kemarau sekarang ini juga tercatat ada beberapa luasan lahan sawah yang tidak bisa digarap karena kekurangan suplai air akibat kemarau,” ujarnya.

BACA JUGA:Berharap Musim Kemarau Berakhir, Warga Kenali Gelar Shalat Istisqa

BACA JUGA:Camat Erwin Beberkan Bukti Tidak Terlibat dalam Proyek Dana Inpres

Sehingga, lanjutnya, banyak petani yang tidak bisa kembali melakukan percepatan tanam padi di lahan sawahnya karena mengalami kekeringan.

Sedangkan, berdasarkan data yang ada bahwa pada bulan September 2023 lalu, tercatat untuk luasan panen padi di Pesbar ini mencapai 1.473 hektare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: