Berharap Musim Kemarau Berakhir, Warga Kenali Gelar Shalat Istisqa

Berharap Musim Kemarau Berakhir, Warga Kenali Gelar Shalat Istisqa

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kekeringan karena musim kemarau masih melanda sebagian wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Banyak lahan perkebunan yang kering sehingga mengakibatkan kerusakan pada tanamanan. 

Tak hanya itu, kekeringan juga menyebabkan terjadinya krisis air bersih di berbagai wilayah.

Untuk Mengharapkan agar musim kemarau ini segera berakhir, puluhan masyarakat di Pekon Kenali, Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat, melaksanakan shalat istisqa bertempat di lapangan merdeka Tanjung Menang, Selasa (3 Oktober 2023).

BACA JUGA:Camat Erwin Beberkan Bukti Tidak Terlibat dalam Proyek Dana Inpres

Sholat itu dipimpin oleh tokoh agama setempat Ustad Mansyur dan diikuti oleh para jamaah diantaranya Camat Belalau Mat Suhyar, tokoh masyarakat yang juga mantan Wakil Bupati Lambar Periode 2017-2022 Mad Hasnurin serta puluhan jemaah lainnya.

Dalam kesempatan itu, Camat Belalau Mat Suhyar menuturkan, Shalat Istisqa digelar dengan harapan kemarau panjang yang berdampak pada kekeringan ini segera berakhir.

“Bisa sama -sama kita rasakan kemarau ini berdampak di berbagai sektor mulai dari area perkebunan dan sawah mengering, ditambah banyak masyarakat yang kesulitan mendapat pasokan air bersih. Sehingga ini bagian dari ikhtiar kita untuk meminta hujan kepada Allah subhanahu wa ta'ala,” terangnya. 

Sementara, dalam khutbahnya Ustad Mansyur mengatakan, bahwa kegiatan shalat istisqa berjamaah ini merupakan salah satu upaya untuk memohon kepada Allah SWT agar bisa segera menurunkan hujan di wilayah Lampung barat ini.

BACA JUGA:Diikuti 175 Pelajar SMA Sederajat, PWI Lampung Barat Gelar Pelatihan Jurnalistik

“Selain memohon adanya hujan. Shalat istisqa ini juga sebagai wujud pengakuan kita atas kuasa Allah SWT, yang memang Maha Kuasa di alam semesta ini. Kita ingatkan bersama bahwa manusia tidak punya kuasa apa-apa, dan hanya kepada-nya kami meminta pertolongan,” ujar mansyur.

Lanjut dia, dengan dilaksanakannya Shalat Istisqa ini berharap agar segera dapat diturunkan hujan guna menghindari kekeringan panjang dan musibah lainnya seperti kebakaran hutan dan lahan.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: