18.668 KPM Pesisir Barat Terima Bantuan Beras CPP

18.668 KPM Pesisir Barat Terima Bantuan Beras CPP

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Pangan Nasional (Bapanas), bersama Badan urusan Logistik (Bulog), kembali mendistribusikan bantuan sosial (bansos) beras cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bertempat di halaman Komplek Perkantoran Pemkab Pesbar, Senin 2 Oktober 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr.Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Zukri Amin, M.P., Kadis KPP Pesbar, Unzir, S.P., Kadis Sosial, Agus Triyadi, S.Ip., Perwakilan Bulog., pendamping PKH dan perwakilan masyarakat penerima.

Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah menyalurkan bantuan pangan tahap II di Kabupaten Pesbar berupa beras sebanyak 10 kilogram per bulan kepada keluarga penerima manfaat (KPM)

“Penyaluran bantuan ini akan dilaksanakan dalam tiga tahap untuk bulan September sampai dengan Bulan November 2023 mendatang,” kata dia. 

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah Bakal Kembali Digelar di Pesisir Barat, Ini Item yang Disiapkan

Dijelaskannya, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi beban kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan beras yang dalam beberapa minggu terakhir terus mengalami kenaikan harga.

“Penyelenggaraan penyaluran CPP untuk pemberian bantuan pangan periode ke-II merupakan upaya untuk menanggulangi kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga kepada penerima bantuan pangan,” jelasnya. 

Selanjutnya, pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah. 

Tujuannya agar rumah tangga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya. 

BACA JUGA:Warga Anak Tuha Lamteng Gelar Aksi, Minta Cabut HGU PT BSA

Salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari CPP. 

“Maka dari itu, beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat, akan tetapi saat ini harga beras di pasaran senantiasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” terangnya.

Menurutnya, berdasarkan data jumlah KPM bantuan pangan tahap II di Kabupaten Pesbar yang bersumber dari Kementerian Sosial sebanyak 18.668 KPM yang tersebar di 11 kecamatan dengan jumlah bantuan sebanyak 186.680 kilogram per bulannya. 

“Jika ditotal selama tiga bulan maka jumlah bantuan yang akan disalurkan di Kabupaten Pesbar berjumlah 560.040 kilogram,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: