Pj Bupati Lampung Barat Pimpin Apel Peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2023

Pj Bupati Lampung Barat Pimpin Apel Peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman M.M menjadi pembina apel peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) tahun 2023.

Apel peringatan HSN yang berlangsung Selasa (26 September 2023) di Pelataran Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Barat itu dihadiri Kepala BPS Nasrullah Arsyad, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat, Perwakilan Polres, pegawai dan jajaran Mitra BPS Kabupaten Lampung Barat serta undangan lainnya.

Peringatan Hari Statistik tahun 2023 kali ini bertajuk "Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju". 

Tema ini dipilih untuk menunjukkan pentingnya peran statistik dalam mewujudkan Indonesia Maju menyongsong Indonesia Emas 2045. 

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan dan Penghijauan, BRI Gandeng Pekon Sukarame Tanam Bibit Alpukat

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Lampung Barat mengatakan, HSN merupakan elemen penting dari tonggak sejarah panjang perjalanan statistik nasional.

"Yang menandai terbitnya Undang-undang nomor 7 tahun 1960 tentang statistik," kata Nukman.

Menurutnya, Undang-undang tersebut merupakan titik awal perjalanan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan di bidang statistik, yang sebelumnya diatur berdasarkan sistem Undang-undang kolonial.

"Hari Statistik Nasional ini bukan momen perayaan milik Badan Pusat Statistik saja, tetapi merupakan hari penting dan bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Hari Statistik Nasional sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh gembira oleh seluruh masyarakat Indonesia," tegas dia.

BACA JUGA:Lepas Jabatan Peratin Maju ke Pileg 2024, Ismet Liza Digantikan oleh Asmaranita

Nukman berharap, peringatan HSN tersebut menjadi momentum untuk meningkatkan literasi dan edukasi mengenai pentingnya statistik kepada masyarakat luas.

"Di Hari Statistik Nasional tahun ini, saya menekankan pentingnya peningkatan kualitas data khususnya di Kabupaten Lampung Barat yang harus diupayakan dalam setiap tahapan kerja statistik," ujarnya.

Terakhir, dirinya menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat selamat Hari Statistik Nasional tahun 2023.

Di sela kegiatan, Pj. Bupati Lampung Barat Nukman menyerahkan piagam penghargaan kepada mitra Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 Muharofah, S.Si sebagai insan statistik teladan tahap I dan Al Mansur sebagai mitra statistik teladan Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Barat tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: