Pesawat Raksasa Airbus A380 Bisa Mendarat di Bandara VVIP IKN, Pembangunan Dimulai 1 November

Pesawat Raksasa Airbus A380 Bisa Mendarat di Bandara VVIP IKN, Pembangunan Dimulai 1 November

Bandar VVIP IKN diklaim akan mampu menampung pendaratan sekelas pesawat raksasa Airbus A380--

BACA JUGA:Kode Redeem FF 26 September 2023, Segera Klaim Skin M1014 Gold Cobra Free Fire

Yakni sebagai berikut seperti, VVIP, VIP, parkir GSE, pos pemeriksaan sisi udara, pos jaga, hanggar juga cargo.

Kemudian ada catering, DPPU, rumah pompa, STP & WTP, substation power house, bengkel/GSE maintenance duserta bangunan tempat ibadah.

Dan yang lebih menarinya lagi direncanakan, akan ada perkantoran, gedung karantina, (kantin), serta rumah dinas, TPS, meteorologi, EOC, PKP PK, power house, gardu PLN dan ATC Tower.

Rancangan terminal bandara VVIP dibuat dengan arsitektur unsur kearifan lokal dari budaya Kalimantan. Di antaranya seperti motif Rumah Panjang, Burung Rangkok dan lukisan garis lengkung khas wilayah tersebut.

BACA JUGA:Tarif Tol Terbaru 2023 Trans Sumatera Ruas Palembang hingga Aceh

Rumah Panjang merupakan rumah budaya suku Dayak di Provinsi Kalimantan. Bakal dibuatkan pada bangunan bandara dan pelabuhan.

Kedua, Burung Rangkong. Adalah satwa endemik khas Kalimantan. Ketiga, lukisan atau garis-garis melengkung akan ditampilkan secara modern pada bandara dan pelabuhan.

Pihaknya menambahkan, bandara VVIP IKN yang akan dibangun di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dapat didarati oleh beberapa pesawat berbadan besar atau wide body, termasuk Airbus A380.

Dirinya menjelaskan, bandara VVIP IKN nantinya akan memiliki runway 3.000 x 45 meter dan mampu didarati pesawat berkapasitas besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

BACA JUGA:2.258 Formasi CPNS untuk Lulusan SMA/SMK, Lengkapi Syaratnya dan Daftarkan Dirimu

Sementara itu, kapasitas apron mampu menampung 3 pesawat berbadan besar (wide body) ditambah 1 pesawat berbadan kecil (narrow body), atau 7 pesawat berbadan kecil (narrow body); serta kapasitas helipad menampung tiga helikopter.

Ia menambahkan, IKN adalah kota masa depan yang akan menjadi contoh beberapa kota lain di Indonesia. Oleh sebab itu, aksesibilitas dan konektivitas antar titik harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Bandara tersebut memiliki sekitar 15 Km dari pusat IKN dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit

Sementara itu, terminal bandara VVIP IKN dibangun diatas lahan seluas 7.000 meter persegi dengan VVIP ± 1500 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: