UPT Puskesmas Pajar Bulan Gelar Rakor Linsek PTM dan Frambusia

UPT Puskesmas Pajar Bulan Gelar Rakor Linsek PTM dan Frambusia

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pajar Bulan, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) di aula kantor puskesmas setempat, Kamis (21 September 2023).

Dalam acara itu turut hadir utusan Dinas Kesehatan (Diskes) Lambar Kabid P2 Ira Permata Sari, S.Farm, APT., Kasi Kesra Kecamatan Way Tenong Anila Tapia, S.E., seluruh peratin, dan Ketua TP PKK dan kepala KUA Irwansyah S.Ag. serta seluruh jajaran pegawai puskesmas setempat. 

Dalam rakor linsek tersebut pembahasan tentang program kegiatan Penyakit Tidak Menular (PTM). Yang mana saat ini PTM menggeser penyakit menular.

BACA JUGA:Petugas UPT Damkar Kenali Gerak Cepat Tangani Kebakaran Lahan di Pekon Luas

Yang mana Sembilan jenis PTS seperti tiga diantaranya jantung, darah tinggi diabetes menjadi penyebab terbanyak kematian. 

Kegiatan Rakor Linsek itu, Sosialisasi Frambusia merupakan penyakit kulit kronis dan menular dan termasuk kategori penyakit kulit terabaikan. Yakni untuk mengenalkan di masyarakat agar tidak ada lagi ditemukan Frambusia.

Acar itu sendiri dikuatkan dengan penandatanganan komitmen bersama dalam percepatan era diksi frambusia dan deteksi dini dan pengendalian faktor risiko PTM tingkat Kecamatan Way Tenong.

Dalam sambutannya Kabid P2 dinkes lambar Ira Permata Sari, S.Farm, APT., Kasi Kesra Anila Tapia, seluruh pertin, dan ketua TP PKK pekon dan kepala KUA Irwansyah S.Ag.

BACA JUGA:Dibiarkan Terbengkalai, Villa Milik Pemkab Lampung Barat Seperti 'Rumah Hantu'

Dalam sambutannya Ira Permata meminta kerjasama dari linsek untuk bersama mendukung kegiatan ini demi tercapainya kesehatan masyarakat. 

Seperti peran serta linsek diantaranya peratin yang punya masyarakat untuk menggerakkan rajin periksa. Sebab PTM tidak bahaya tapi menyebabkan kematian.

Sementara Kepala Puskesmas Pajar Bulan Minarni, S.T.R. Keb, S.Km, M.Kes., juga meminta agar seluruh peserta bisa menyimak penjelasan dari dinas untuk diterapkan di wilayah pekon masing-masing.

Dari pantauan di lokasi antusias sangat bagus terbukti dengan banyaknya pertanyaan. Dan adanya pemeriksaan posbindu.

BACA JUGA:Wakil Ketua DPRD Lampung Barat Nyaris Adu Jotos dengan Anggotanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: