Petugas UPT Damkar Kenali Gerak Cepat Tangani Kebakaran Lahan di Pekon Luas

Petugas UPT Damkar Kenali Gerak Cepat Tangani Kebakaran Lahan di Pekon Luas

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kebakaran lahan kembali terjadi, kali ini kebakaran menghanguskan kebun kopi di Pekon Luas, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat yang terjadi pada Kamis (21 September 2033) sekitar pukul 13.30 WIB.

Beruntung, petugas UPT Damkar Kenali, Kecamatan Belalau dengan sigap melakukan pemadaman api yang nyaris menjalar ke seluruh lahan yang dekat pemukiman warga itu. 

Kasi Trantib Kecamatan Batu Ketulis, Aruman, S.I.P., mengatakan, kebakaran lahan itu diduga disebabkan oleh aktivitas bersih-bersih kebun sembari membakar rumput.

"Informasi di lokasi tadi ada petani yang sedang ngoret bersih-bersih kebun sambil bakar-bakar rumput. Karena kondisi lahan yang kering dan angin kencang api menjalar dan tidak terkendali," ujarnya.

BACA JUGA:Dibiarkan Terbengkalai, Villa Milik Pemkab Lampung Barat Seperti 'Rumah Hantu'

Beruntung, kata dia, warga cepat melapor ke UPT Damkar Kenali, sehingga setibanya di lokasi petugas dengan cepat memadamkan api 

"Untungnya petugas UPT Damkar Kenali dengan cepat meluncur ke lokasi, dan sekarang api sudah padam dan lahan yang hangus tidak terlalu luas," kata dia.

Sementara, kepala UPT Damkar Kenali Sahri menambahkan dalam peristiwa kebakaran itu pihaknya mengerahkan sejumlah petugas serta satu unit Damkar dari UPT Damkar Kenali.

"Api sudah berhasil dengan dipadamkan sehingga tidak sampai meluas ke semua lahan yang dekat dengan pemukiman penduduk tersebut,” terangnya.

BACA JUGA:Wakil Ketua DPRD Lampung Barat Nyaris Adu Jotos dengan Anggotanya

Atas kejadian ini, pihaknya kembali mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran di lokasi yang dekat dengan lahan gambut, apalagi di tengah kondisi lahan yang kering akibat kemarau.

“Intinya kami kembali mengingatkan masyarakat supaya waspada dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran, karena ditengah musim kemarau saat ini bukan hanya bakar-bakar sampah bahkan membuang puntung rokok sembarangan juga bisa memicu terjadi kebakaran, jadi semua harus waspada,” pintanya.

Terakhir ia kembali menginformasikan bahwa untuk mendukung percepatan penanggulangan bencana kebakaran, apabila terjadi kebakaran dapat melapor atau menghubungi Damkar Balik Bukit melalui petugas di nomor (0728) 21902 atau 0823 8730 6535, UPT Damkar Belalau 0852 67347538, UPT Damkar Sukau 0852 6734 6346, UPT Damkar Way Tenong 0852 6734 6246, UPT Damkar Kebun Tebu 0821 8165 7750, dan UPT Damkar Sumber Jaya 0821 7543 9054.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: