Tim 3 Enumerator SKI Lambar Laksanakan Survei di Kecamatan Sekincau

Tim 3 Enumerator SKI Lambar Laksanakan Survei di Kecamatan Sekincau

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sesuai dengan program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, terpantau petugas kesehatan, di bawah binaan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat melakukan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 di Kecamatan Sekincau, diantaranya berkunjung ke Pekon Giham Sukamaju, Senin 17 September 2023.

Yang melaksanakan SKI di Kecamatan Sekincau merupakan Tim 3 enumerator SKI Lambar antara lain Amzain Megian, A.Md.Kep., Justi Malinda, SKM, Lisna Sari Jelita, A.Md.Keb., Asyiva Octaria, S.Gz., meliputi tiga kecamatan yakni Sekincau, Gedung Surian dan Suoh.

Ketua tim 3 Enumerator Amzain Megian, terangkan inti dari SKI ialah melakukan survei tentang kesehatan masyarakat umum dan keluarga balita, yang mana lokasi survei memang telah ditentukan oleh pusat. 

"Kegiatan SKI ini telah kami laksanakan dari Tanggal 11 Agustus hingga 24 September nanti, dan sekarang tinggal Kecamatan Sekincau," ungkapnya. 

BACA JUGA:Rutan Krui Gelar Salam PAS Terhadap Warga Binaan

BACA JUGA:Tiang Telkom Roboh Timpa Jaringan Kabel Listrik di Sebarus

Secara garis besar katanya tujuan dari SKI dalam upaya memantau kesehatan masyarakat, yang akan menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang mana pemerintah akan mengetahui perihal permasalahan kesehatan yang terbesar di masyarakat RI. 

Ditambahkan Asyiva Octaria, Kemenkes RI mengadakan SKI akan diukur dan dinilai pencapaian keberhasilan, yang hasilnya digunakan untuk menyusun kebijakan dan program pembangunan kesehatan terarah dan tepat sasaran.

Dimana SKI tahun ini merupakan lanjutan dari riset kesehatan dasar yang telah dilaksanakan 2007, 2013 dan 2018. 

Dengan Populasi dan sampel tersebar di seluruh provinsi. Dengan besar sampel se Indonesia 586 ribu kategori Rumah Tangga biasa dan Rumah Tangga Balita. 

BACA JUGA:Buruan Cek Disini Formasi CPNS-PPPK 2023 Masing-masing Instansi

BACA JUGA:Proyek PSAB di Kelurahan Sekincau Berpotensi Mubazir

Dimana metode pengumpulan data yang dilakukan di Kabupaten Lampung Barat melalui wawancara, pengukuran antropometri, dan pemeriksaan tekanan darah.

"Sampel tersebut dipergunakan untuk data kesehatan masyarakat," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: