Kecerdasan Buatan? Begitu Pentingnya Peran Teknologi pada Sistem CCTV Masa Kini

Kecerdasan Buatan? Begitu Pentingnya Peran Teknologi pada Sistem CCTV Masa Kini

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Di zaman serba digital saat ini kamera pengintai atau biasa disebut close circuit television (CCTV) menjadi sebuah alat teknologi yang sangat diandalkan.

Alat teknologi tersebut, digunakan untuk memantau situasi dan kondisi tempat tertentu agar dapat mencegah terjadinya tindakan kriminalitas.

Dengan fungsinya, dari hasil tangkapan kamera Cctv sering dijadikan sebagai bukti dari peristiwa tindakan kriminalitas oleh petugas kepolisian.

Awal mulanya CCTV ditemukan oleh seorang insinyur dari jerman yang bernama Walter Bruch di era 1942 bertujuan untuk memantau proses peluncuran roket.

BACA JUGA:Singapur Manfaatkan Teknologi AI untuk Pelayanan Publik

Perkembangan teknologi CCTV, mulai pesat sejak tahun 1970-an, pasca ditemukannya video cassette recorder (VCR).

Sehingga teknologi VCR diaplikasikan ke dalam sistem CCTV dan menawarkan cara baru, untuk dapat digunakan sebagai kamera pengawas

Dengan adanya teknologi VCR yang di aplikasikan ke dalam sistem CCTV sehingga dapat bergerak secara otomatis, tidak perlu lagi layar dipantau secara langsung.

Dengan begitu, sistem juga dapat diatur dan dibiarkan bergerak dengan sendirinya. Pengguna dapat pula memantau informasi yang direkam sesuai kehendak pengguna.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alat Teknologi yang Pertama Kali Digunakan Manusia

Hal ini membuat CCTV menjadi populer pada kalangan pebisnis maupun sektor swasta lainya. Terlebih ketika hadirnya teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Seiring perkembangan teknologi digital, CCTV pun juga turut semakin canggih.

Berdasarkan informasi yang beredar negeri China diketahui memiliki sistem kamera pengawas terbaik dan terbesar di dunia.

Negara tersebut tercatat telah menggunakan 170 juta CCTV dan diperkirakan 400 juta kamera baru yang akan dipasang dalam tiga tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: