Ternyata Ini Alat Teknologi yang Pertama Kali Digunakan Manusia

Ternyata Ini Alat Teknologi yang Pertama Kali Digunakan Manusia

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gadget hingga robot paling mutakhir telah menjadi teknologi terdepan yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah Anda alat teknologi apa yang pertama kali digunakan manusia

Alat yang pertama kali yang digunakan manusia. Tentu saja kepastian tentang alat teknologi apa yang paling pertama digunakan akan sulit dipastikan karena keterbatasan data, juga waktu sangat lama. 

Tetapi, dengan data penemuan yang ada, teknologi pertama yang digunakan manusia mungkin bisa dijelaskan.

Berdasarkan dari situs Australian Museum, lebih dari 3 juta tahun yang lalu diperkirakan telah ada penggunaan alat atau kemampuan pembuatan teknologi. Prakiraan ini didasarkan pada penemuan dan analisa ilmuwan.

BACA JUGA:Ternyata, 12,65 Juta Wajib Pajak Belum Lakukan Pemadanan NIK-NPWP

Teknologi alat batu paling awal atau dikenal sebagai Oldowan tersebut, menunjukkan tingkat kemampuan membuat atau menghasilkan dengan tangan atau mesin yang menunjukkan bahwa itu dikembangkan dari teknologi sebelumnya yang belum ditemukan atau dikenali dalam catatan arkeologi.

*). Teknologi Alat Batu Digunakan untuk Apa?

Keyakinan ini juga didukung oleh bukti yang ditemukan dari Dikika di Ethiopia. Pada tahun 2010, tulang-belulang yang telah menjadi fosil yang mengandung bekas potongan ditemukan berumur sekitar 3,4 juta tahun.

Tulang-belulang tersebut menunjukkan bukti yang jelas bahwa alat-alat batu digunakan untuk menghilangkan daging dan kemungkinan menghancurkan tulang untuk mendapatkan sumsum.

BACA JUGA:Jenguk Bayi Penderita Katarak, Camat Belalau dan Kapuskes Ajak Keluarga Berobat

Namun, belum ada alat yang sebenarnya ditemukan sehingga tidak diketahui apakah alat itu sengaja dimodifikasi atau hanya berupa batu yang berguna.

Meskipun tidak ada sisa-sisa hominid yang ditemukan di situs tersebut, para penemu percaya bahwa Australopithecus afarensis bertanggung jawab atas bekas luka tersebut karena tidak ada spesies hominid lain yang berasal dari periode yang ditemukan di wilayah ini.

*). Teknologi Zaman Batu

Berdasarkan penjelasan dari Smithsonian National Museum of Natural History,.penemuan alat-alat batu dan benda-benda, seperti alat, perhiasan yang menunjukkan kecakapan kerja manusia terutama pada zaman dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: