Singapur Manfaatkan Teknologi AI untuk Pelayanan Publik

Singapur Manfaatkan Teknologi AI untuk Pelayanan Publik

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau yang disebut kecerdasan buatan terus digencarkan oleh Pemerintah Singapura.

Penerapan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas di sektor pelayanan publik. Diantaranya untuk di bidang kesehatan.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Singapura sendiri secara aktif tengah berinovasi untuk memanfaatkan AI demi kepentingan publik, terutama di di bidang Pemerintah.

Hal tersebut mulai diterapkan sejak dilakukannya peluncuran Strategi teknologi AI secara Nasional di wilayah Singapura pada tahun 2019.

BACA JUGA:Para Petinggi Perusahaan Teknologi Dunia Dikumpulkan, Bahas Nasib Masa Depan Manusia Terkait AI

Sama halnya yang diterangkan Menteri Komunikasi dan Informatika Singapura Josephine Teo dalam pidatonya di acara IBM Think tahun 2023, di Singapura, menjelaskan, Pemerintah Singapura sangat antusias dengan tahap baru penerapan teknologi AI.

Berdasarkan informasi yang beredar. Pihaknya mengaku percaya bahwa AI memiliki kekuatan untuk membuka dan meningkatkan potensi manusia dan ekonomi serta dapat membantu kinerja pemerintah untuk menyediakan pelayanan publik.

Ia menyebut, Inovasi yang didukung oleh AI dapat memberikan manfaat bagi berbagai industri, seperti logistik, keuangan, perawatan kesehatan, dan bahkan di pemerintahan.

Dirinya menyebut, AI dapat membantu mengatasi tantangan utama di Singapura. Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan terhadap populasi yang sudah menua.

BACA JUGA:Mengenal Artificial Intelligence Teknologi yang Telah Mengubah Kehidupan Manusia

Pihaknya menambahkan, AI dapat menjadi alat penting untuk meresepkan dosis obat yang lebih tepat dan optimal berdasarkan data medis pasien. Hal ini akan meningkatkan hasil klinis dan kesejahteraan pasien.

Dirinya menyebut, pihaknya juga tengah mengujicobakan integrasi large language models atau LLM sebagai alat Pemberi rekomendasi dukungan di platform Support GoWhere.

Support GoWhere merupakan portal satu pintu bagi individu dan keluarga di Singapura untuk menemukan dan mengajukan permohonan layanan sosial dan program dukungan pemerintah dengan mudah.

Ia mengungkapkan. Hal tersebut dilakukan guna memungkinkan warga negara untuk menjelaskan dengan kata-kata mereka sendiri tentang latar belakang situasi dan kebutuhannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: