Tingkatkan Kemampuan SDM, Disporapar Lampung Barat Beri Pelatihan Para Pemandu Wisata Gunung

Tingkatkan Kemampuan SDM, Disporapar Lampung Barat Beri Pelatihan Para Pemandu Wisata Gunung

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Untuk meningkatkan kemampuan SDM khususnya para pemandu Pemandu Wisata Gunung, Dinas pemuda olahraga dan Pariwisata (Disporapar) telah memberikan pelatihan kepada para Pemandu Wisata gunung di Kabupaten Lampung Barat.

Pelatihan yang digelar beberapa hari lalu itu diikuti 40 peserta dari berbagai komunitas dan organisasi pariwisata yang ada di lambar dengan menghadirkan narasumber atau pemateri diantaranya satu orang berasal dari asosiasi pemandu gunung Indonesia (APGI) serta tiga orang pemateri asal Provinsi Lampung.

Sekretaris Disporapar Drs. Junaidi Jamsari berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas para pelaku pariwisata dan pengelola destinasi yang ada di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini. 

Apalagi, Lampung Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan destinasi wisata alamnya, diantaranya dua objek wisata gunung yakni gunung pesagi dan seminung. 

BACA JUGA:Pembangunan Selesai, Ismet Serahkan Pemanfaatan Gedung Puskesdes ke Masyarakat

“Kekayaan wisata yang ada di lambar salah satunya adalah wisata alam pegunungan, dan disinilah pentingnya kita adakan pelatihan untuk pemandu wisata gunung Untuk meningkatkan pengetahuan motivasi dan kompetensi para pemandu agar dapat memenuhi standar kompetensi kerja nasional Indonesia,” ujarnya.

Junaidi mengatakan, dalam pelatihan itu para pemateri memberikan beberapa pelatihan penting mulai dari merencanakan dan mempersiapkan perjalanan pendakian gunung, mengenali dan memandu wisatawan pendaki gunung, melakukan orientasi medan dan cuaca, penanganan bahaya gunung serta interpretasi dalam pemanduan gunung.

“Pada pelatihan ini para pemandu wisata gunung juga melakukan wisata pendakian di wilayah air terjun Sepapa kiri dan kanan di wilayah TNBBS Kubu Perahu selama 2 hari serta diadakan materi diskusi kelompok,” paparnya

Junaidi menambahkan saat ini pemerintah terus mendorong perkembangan serta kemajuan sektor pariwisata di Lampung Barat dan salah satu esensi dari kegiatan pelatihan ini pihaknya berharap selain dapat meningkatkan kemampuan SDM pemandu wisata Gunung, juga mampu mempromosikan destinasi wisata secara baik kepada wisatawan.

BACA JUGA:Puncak Perayaan HUT Ke 54 Desa Margorejo Gelar Pagelaran Wayang Kulit

“Dengan selesainya pelatihan yang digelar selama empat hari yakni sejak 4-7 September ini kami berharap seluruh peserta dapat menyerap dengan baik seluruh materi disampaikan, sehingga kedepan ada inovasi-inovasi yang dapat diterapkan untuk mendukung kemajuan usaha pariwisata di Lambar,” harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: