Diguyur Hujan, Satu Pohon Tumbang di Jalan Lintas Pekon Padang Cahya

Diguyur Hujan, Satu Pohon Tumbang di Jalan Lintas Pekon Padang Cahya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bencana pohon tumbang sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan lintas Provinsi, ruas Liwa-Sukau di Pekon Padang Cahya, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Jumat (8 September 2023) sekitar pukul 18:50 WIB.

Tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dikerahkan ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk membersihkan puing-puing pohon berukuran besar yang melintang di tengah badan jalan.

BACA JUGA:Tebaliokh Realisasikan BLT DD Triwulan Ketiga kepada 31 KPM

Kepala BPBD Lambar Padang Priyo Utomo melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa mengatakan pohon tumbang terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang yang melanda wilayah Balik Bukit sejak sore hingga malam hari.

"Kejadian itu sempat menghambat kelancaran arus lalu lintas, karena posisi pohon iu menutupi seluruh badan jalan. Puing-puing berhasil dibersihkan sekitar 30 menit dan saat ini arus lalu lintas sudah kembali normal," kata Mekal.

BACA JUGA:Informasikan Pemilu 2024, PPK - Panwascam Batu Brak Sosialisasi di Pasar Pekon Balak

Ditengah kondisi cuaca saat ini, pihaknya mengimbau agar masyarakat waspada terhadap ancaman bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang.

"Kita imbau warga untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca saat ini. Tim BPBD melalui Pusdalops kita pastikan selalu siap baik antisipasi maupun penanganan,” kata dia.

BACA JUGA:Kapolda Lampung Kunjungi Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Lampung Utara

Disisi lain, terkait langkah kesiapsiagaan pihaknya terus meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait baik pemerintah kecamatan dan pekon untuk memastikan kesiapan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana (PB) pekon yang telah dibentuk.

“Kita minta untuk meningkatkan koordinasi dengan melaporkan kondisi di masing-masing wilayah, supaya apabila ada potensi atau bencana bisa segera ditangani,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: