Pekhos Masin dan Takhi Bujantan Budamping Ditetapkan Sebagai WBTBI, Ini Kata Kadisdikbud Pesisir Barat

Pekhos Masin dan Takhi Bujantan Budamping Ditetapkan Sebagai WBTBI, Ini Kata Kadisdikbud Pesisir Barat

Kepala Disdikbud Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P.--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), tetap berupaya untuk menjaga dan melestarikan budaya terutama yang ada di Kabupaten yang berjuluk Negeri Para Sai Batin dan Ulama itu.

Terlebih delapan budaya di Provinsi Lampung, dua diantara merupakan budaya dari Kabupaten Pesbar  yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) tahun 2023 oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendikbudristek RI.

Kadisdikbud Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan, di tahun 2023 terdapat delapan budaya di Provinsi Lampung yang telah ditetapkan sebagai WBTBI, dua diantaranya merupakan warisan budaya Pesisir Barat yakni warisan budaya Pekhos Masin dan Takhi Bujantan Budamping

Sedangkan, enam budaya lainnya di Lampung yang ditetapkan juga sebagai WBTBI itu yakni Takhi Batin, Takhi Khudat Lappung, Cangget Bakha, Petikan Gitakh Klasik Lappung Pepadun, Tukhun Mandei, dan Takhi Pikhing Khua Belas.

BACA JUGA:Siaga Kebakaran Lahan, Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Siapkan Dua Unit Damkar

“Dengan telah ditetapkan dua warisan budaya di Kabupaten Pesbar sebagai WBTBI tahun 2023 itu tentu diharapkan agar warisan budaya tersebut bisa terus dilestarikan dan tetap dipertahankan dengan baik,” katanya, Selasa (5 September 2023).

Sehingga, kata dia, kedepan warisan budaya yang ada di Kabupaten Pesbar tidak tergerus oleh kemajuan zaman. 

Karena itu, warisan budaya tersebut jangan sampai punah, sehingga peran serta semua pihak sangat diharapkan agar budaya yang ada di Kabupaten Pesbar, seperti dua warisan budaya yang ditetapkan sebagai WBTBI oleh Pemerintah Pusat itu bisa terus lestari.

“Tentu butuh dukungan dari semua pihak dalam merawat budaya tersebut, apalagi budaya itu merupakan budaya tradisional. Untuk itu, dengan adanya dua budaya di Pesbar yang ditetapkan sebagai WBTBI itu merupakan kebanggaan bersama,” jelasnya.

BACA JUGA:Pelaku Penipuan Modus Hendak Beli Motor Ditangkap di Pesisir Barat

Sekedar diketahui, kata Edwin, warisan budaya Pekhos Masin, itu merupakan makanan tradisional khas Kabupaten Pesbar. 

Pekhos artinya asam, sedangkan Masin artinya asin. Sehingga, Pekhos Masin itu memiliki arti asam dan asin.

Makanan tradisional itu diambil dari citarasa yang lebih dominan yaitu rasa asam dan rasa asin.

Ditambahkannya, Pekhos Masin biasanya menggunakan bahan utama berbagai jenis ikan, baik ikan laut maupun ikan tawar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: